Kehamilan, Trimester Kedua

Makanan yang Disukai Janin di Dalam Kandungan

Selama kehamilan, ibu hamil sebaiknya harus lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Nutrisi yang terkandung di dalam makanan haruslah menjadi prioritas nomor 1 bagi ibu hamil. sebab, makanan yang dikonsumsi ibu hamil juga akan dirasakan oleh janin melalui plasenta. Oleh sebab itu, pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi dan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan janin. Ada beberapa makanan yang disukai oleh janin di dalam kandungan karena manfaatnya yang luar biasa. kira-kira apa saja ya makanan yang disukai oleh janin tersebut?

Yuk, kita bahas bun..

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. makanan satu ini bisa bunda olah kedalam berbagai masakan yang enak. Selain enak, telur juga mengandung berbagai nutrisi seperti zat besi, asam lemak omega-3, selenium, hingga protein. Beragam kandungan yang terdapat pada telur dapat meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Asam folat yang terkandung didalamnya juga bermanfaat untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Jadi dengan kandungan tersebut ditambah rasanya yang lezat membuat telur menjadi salah satu makanan yang disukai oleh janin. tapi sebelum mengonsumsinya, pastikan telur sudah dimasak secara matang dulu ya bun.

2. Alpukat

Buah Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki gula rendah dan lemak baik yang bisa menjadi pilihan bunda selama kehamilan. Alpukat dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin selama masa kehamilan sehingga buah satu ini juga merupakan salah satu makanan yang disukai oleh janin. Selain itu, janin yang mendapatkan nutrisi dari alpukat dapat mengurangi resiko gangguan struktur tulang serta mencegah cacat syaraf pada janin.

3. Edamame

Saat hamil perasaan ingin mengemil tentu akan lebih meningkat dari biasanya. oleh sebab itu, ibu hamil juga perlu bijak dalam memilih menu cemilan sehari-hari. Edamame bisa menjadi salah satu camilan sehat yang bisa dikonsumsi saat bunda sedang santai. Kandungan gizi edamame membuat makanan ini disenangi oleh janin di dalam kandungan. Edamame kaya akan protein, asam folat, kalisium, zat besi, seng, vitamin A hingga vitamin B. Selain itu, asam amino di dalam edamame juga mampu membantu mengoptimalkan pembentukan berbagai organ tubuh janin.

4. Kacang Almond

Selain edamame, bunda juga bisa menjadikan kacang almond sebagai salah satu menu cemilan sehat. sebab gizi yang terkandung di dalam kacang almond membuatnya menjadi makanan yang disukai oleh janin di dalam kandungan. Kacang almond termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang mampu memberikan banyak kandungan kalsium ke dalam tubuh. sehingga dapat membantu pembentukan tulang dan gigi janin.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki protein dan DHA yang tinggi yang berperan penting dalam mengoptimalkan perkembangan otak janin. Janin akan merasa bahagia saat bunda mengonsumsi ikan salmon karena dapat memberikan sumber energi, protein dan vitamin. Kandungan tersebut mampu membantu pertumbuhan otot janin. Namun saat mengonsumsi ikan ini pastikan telah dimasak secara matang sempurna dan jangan berlebihan ya bun.

6. Daging tanpa Lemak

Daging sapi dan ayam termasuk sumber protein berkualitas tinggi yang mampu menjaga kesehatan dan membantu perkembangan janin. Pada daging sapi dan daging ayam juga terdapat zat besi yang tinggi. Pemenuhan zat besi selama hamil sangat penting karena menyangkut kesehatan janin serta mencegah ibu hamil dari anemia. Bunda disarankan mengonsumsi bagian daging tanpa lemak karena lebih menyehatkan dan tentu saja lebih disukai oleh janin didalam kandungan karena manfaatnya. Namun pastikan daging tersebut sudah dimasak matang secara sempurna ya bun

7. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu sumber probiotik yang baik, sehingga mampu menjaga kesehatan serta sistem pencernaan agar lebih lancar. Sistem pencernaan yang sehat merupakan awal untuk sistem imun yang lebih kuat. sehingga lebih optimal dalam menghalau segala virus yang dapat membahayakan janin.

8. Brokoli

Dalam brokoli terkandung vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat hingga antioksidan. Banyaknya nutrisi di dalam brokoli menjadikan sayuran satu ini disukai oleh janin. Brokoli dapat membantu meningkatkan imunitas sehingga dapat melindungi janin dari berbagai infeksi. Sehingga brokoli tidak boleh bunda lewatkan sebagai menu harian selama kehamilan.

9. Tomat

Tomat disukai oleh janin di dalam kandungan karena bisa membantu penyerapan zat besi, sehingga berperan dalam mencegah kelahiran prematur. kandungan likopen yang terdapat didalamnya juga mampu menunjang perkembangan sel-sel pada janin. Kandungan likopen ini bersifat antioksidan yang mampu meningkatkan suplai oksigen, termasuk dalam menunjang sel otak janin agar terus berkembang secara maksimal. Sehingga bunda dapat mengonsumsi buah tomat baik dimakan langsung atau diolah menjadi jus segar.

10. Buah-buahan Segar

Janin di dalam kandungan akan merasa senang jika bunda selama hamil rutin mengonsumsi buah-buahan. Sebab selain rasanya yang menyegarkan, buah-buahan juga mempunyai banyak nutrisi yang baik bagi janin. Beberapa buah yang bisa menjadi pilihan camilan sehat saat hamil karena memiliki kandungan vitamin C dan serat seperti buah kiwi, melon, strawberry. Kandungan vitamin C dari buah-buahan tersebut dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan, bahkan mampu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap bugar selama menjalani masa-masa kehamilan.

Nah itu dia bun, beberapa makanan yang disukai oleh janin di dalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun. Tetap semangat dalam menjaga kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *