Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Haloo Bund..

Daya tahan tubuh, merupakan hal penting yang harus dijaga oleh setiap orang, terlebih ibu hamil. Sebab saat hamil, ada makhluk kecil di dalam kandungan yang kesehatannya sangat bergantung pada kesehatan ibu hamil. Untuk itu, bunda yang sedang hamil perlu mengonsumsi beberapa makanan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Kira-kira apa saja ya makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh?

Yuk, kita bahas bund..

1. Sup Ayam

Kuah hangat dan gurihnya sup ayam tentu sangat menggoda ya bun.. Selain nikmat, ternyata makanan ini juga dapat membantu ibu hamil merasa lebih rileks dan nyaman.  Selain itu, komposisi daging serta tulang ayam pada sup menjadi sumber mineral utama bagi tubuh sehingga bisa membantu meningkatkan sistem imun serta membuat tulang lebih kuat. Jadi, boleh dicoba nih bun, menu favorit keluarga yang satu ini.

2. Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko preeklampsia dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung antivirus dan antibakteri alami.  Saat dikonsumsi, bawang putih memiliki kandungan sulfurik alami bernama alicin yang berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk menghindari mual dan resiko lainnya sebaiknya konsumsi bawang putih dengan mencampurkan kedalam olahan masakan lainnya.

3. Telur

Makanan satu ini memang mempunyai segudang manfaat selama kehamilan, salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Telur kaya akan zinc, zat besi, asam lemak omega-3, selenium, hingga protein. Namun sebelum mengonsumsi telur, ada baiknya bunda memastikan telur telah dimasak matang secara sempurna dulu ya.

4. Daging Merah

Daging merah mengandung zat besi yang cukup tinggi yang dapat  meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan zat besi dapat membuat ibu hamil rentan terinfeksi virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Jadi mengonsumsi daging secara cukup baik untuk kesehatan ibu hamil. Namun seperti halnya telur, pastikan makanan ini diolah secara matang ya bun.

5. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu sumber probiotik yang baik, sehingga dapat menjaga kesehatan serta sistem pencernaan. Ibu hamil perlu memiliki sistem pencernaan yang sehat, sehingga lebih optimal dalam menghalau segala virus yang dapat membahayakan kandungan. Sebab, sistem pencernaan yang sehat merupakan awal untuk sitem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Nah itu dia bun beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun.

Sekian.

Informasi ini direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *