Kehamilan, Persiapan Melahirkan, Trimester Pertama

Makanan yang Dapat Melancarkan Persalinan, Bumil Harus Coba

 Haloo Bund..

Saat mendekati persalinan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh ibu hamil, agar persalinan dapat berjalan dengan lancar. Siapa diantara bunda yang juga sedang menanti dan mempersiapkan datangnya persalinan? Nah buat bunda yang sedang mempersiapkan persalinan, jangan lupa ya mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Sebab faktor nutrisi juga dapat mendukung kelancaran persalinan nanti. Nah untuk bunda-bunda hebat yang sedang mempersiapkan hari persalinan, berikut akan disampaikan beberapa rekomendasi makanan yang dapat memperlancar proses persalinan. Kira-kira apa saja ya?

Yuk, kita bahas bund..

1. Kurma

Nah buah yang satu ini nggak boleh dilewatkan nih bun, saat menjelang persalinan. Bahkan secara medis kurma telah terbukti dapat membantu mempercepat proses pembukaan lho. Kurma dapat menghasilkan hormon oksitosin yang membantu merangsang kontraksi dan mempermudah jalannya proses persalinan. Selain itu, kurma juga dapat memberikan tambahan tenaga buat bunda yang akan melahirkan. Jadi, siapkan buah kurma di rumah ya bund.

2. Jeruk

Jeruk merupakan buah-buahan yang mengandung banyak air dan mengandung vitamin C yang baik bagi tubuh. Saat persalinan nanti bunda membutuhkan cairan yang cukup. Oleh sebab itu, bunda harus cukup minum air putih, dan untuk membantunya bunda bisa mengonsumsi buah jeruk karena rasanya yang enak. Selain itu, buah jeruk juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang berguna untuk mencegah berbagai risiko infeksi saat persalinan.

3. Daging Tanpa Lemak

Persalinan membutuhkan tenaga yang cukup dan kondisi tubuh yang prima. Untuk itu, bunda membutuhkan zat besi yang cukup agar tidak mudah lemas. Salah satu sumber zat besi terbaik dapat bunda dapatkan dari daging tanpa lemak. Contohnya adalah dada ayam atau daging sapi khas dalam. Daging seperti ini mudah diserap ke dalam sistem pencernaan dan dapat membantu bunda agar kuat menjalani persalinan nanti. Namun pastikan dagingnya dimasak secara matang sempurna ya bund.

4. Sayur Bayam

Selain dari daging, zat besi juga dapat bunda dapatkan dari sayur bayam. Selain itu Bayam mengandung kalsium, folat serta beta karoten yang sangat baik bagi tubuh maupun janin. Ini adalah alternatif makanan yang terjangkau namun memiliki gizi yang baik. Bunda bisa mengonsumsinya dengan membuat sayur bening atau diolah kedalam jus sayur. Namun cuci bersih sebelum diolah ya.

5. Air Kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit yang berguna untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bunda membutuhkan cairan yang cukup untuk persalinan nanti. Oleh sebab itu air kelapa bisa dijadikan alternatif minuman buat bunda yang sedang mempersiapkan persalinan. Selain itu, air kelapa juga dipercaya bagus untuk menjaga kualitas air ketuban.

Nah itu dia bund, beberapa rekomendasi makanan buat bunda yang sedang mempersiapkan persalinan. Mudah-mudahan dapat membantu bunda dalam mempersiapkan proses persalinan ya, tetap semangat bun. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Sekian.

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *