Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga

Makanan yang Bisa Meningkatkan Berat Badan Janin di Dalam Kandungan

Haloo Bund..

Berat badan janin selama didalam kandungan merupakan salah satu indikator pertumbuhan janin normal dan wajib dipantau oleh ibu hamil selama kehamilan. Jika berat badan janin berada dibawah dari berat badan ideal, maka bunda perlu melakukan tindakan untuk meningkatkan berat badan janin. salah satu yang mempengaruhi berat badan janin adalah makanan yang bunda konsumsi selama kehamilan. Namun Pertumbuhan janin bukan mementingkan porsi makannya, melainkan nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut. Kira-kira makanan apa saja ya yang bisa meningkatkan berat badan janin di dalam kandungan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, zat besi, tembaga, dan beta-karoten. beta-karoten yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A dan sangat baik untuk kulit, tulang, dan mata janin. bunda bisa mengonsumsinya dalam bentuk tumbuk, dipanggang, direbus, atau digoreng.

2. Kacang kedelai

Kedelai adalah sumber yang kaya protein dan dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti tempe, tahu, atau susu. Olahan kacang kedelai merupakan sumber protein yang baik, khususnya untuk ibu hamil. Kacang kedelai juga tinggi akan kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan jaringan janin di dalam kandungan.

3, Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu ibu hamil menghasilkan kolesterol baik. Alpukat juga mengandung asam folat yang cukup tinggi, serta dapat membantu meningkatkan berat badan janin di dalam kandungan.

4. Sayuran Hijau

Agar berat badan janin dapat bertambah, bunda harus memperbanyak asupan sayuran hijau berwarna gelap seperti bayam, kale, dan brokoli yang tinggi akan zat besi. Sebaiknya, konsumsi sayuran hijau berwarna gelap minimal tiga kali dalam seminggu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

5. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3 dan protein. Asam lemak omega-3 sangat baik untuk janin yang sedang berkembang karena dapat membantu perkembangan otak dan mata serta mampu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Namun, sebelum mengonsumsi salmon, pastikan ikan salmon telah dimasak secara matang ya bun

6. Telur

Telur merupakan makanan favorit sejuta umat. Selain mudah didapat dan enak, telur juga dapat memberikan banyak manfaat. Selain lezat, telur juga kaya asam folat dan zat besi, fungsinya untuk memperkuat ketuban agar tidak pecah dini, mencegah bayi lahir cacat dan mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

7. Ayam

Ayam adalah salah satu makanan yang bisa membantu meningkatkan berat badan janin. Sumber protein satu ini diperlukan ibu hamil untuk membantu perkembangan sel dan otot janin di dalam kandungan. Selain protein, ayam juga memiliki jumlah zat besi yang tinggi yang dapat mencegah anemia pada ibu hamil.

Nah itu dia bun, beberapa jenin makanan yang bisa meningkatkan berat badan janin didalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *