Tips Parenting

Lakukan Trik ini Jika Bayi Menolak Minum ASI

 Hello Parents..

ASI merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan si kecil. Bayi sendiri dianjurkan untuk mendapatkan ASI eksklusif hingga ia berusia 6 bulan, ASI eksklusif itu artinya bayi tidak mendapatkan makanan atau minuman lain selain ASI. Namun saat memberikan ASI pada bayi, terkadang tak semulus dan semudah seperti yang dibayangkan. Ada kalanya si kecil menolak untuk minum ASI. Nah jika sudah begini tentu parents akan bingung dan ekstra bersabar ya. Namun parents tak perlu panik dan khawatir berlebihan, sebab ada beberapa trik yang bisa parents lakukan jika bayi menolak minum ASI. kira-kira apa saja ya trik yang dimaksud?

Yuk, kita bahas parents..

1. Lakukan Kontak Kulit Sesering Mungkin

Saat bayi baru lahir, mungkin sebagian bayi ada yang kesulitan untuk minum ASI, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah bayi yang belum terbiasa atau merasa asing dengan suasana baru. Untuk mengatasi hal ini bunda harus secara rutin menggendong bayi dan menempelkannya di dada bunda sehingga terjadi kontak dari kulit ke kulit. Hal Ini supaya bayi semakin mengenali bundanya dari aroma dan suhu tubuh bunda.

2. Cobalah untuk Bersantai di Dekat Bayi

Sebelum menyusui, cobalah untuk rileks dan bersantai di dekat si kecil. Ambillah 3 tarikan napas panjang dan pelan dengan mata tertutup. Bersandarlah ke kursi atau tempat tidur dan pastikan bahu dalam keadaan rileks. Lakukan meditasi sejenak atau menenangkan fikiran. Cobalah putar suara-suara yang menenangkan agar bunda dan si kecil bisa jadi lebih rileks.

3. Bicara yang Lembut pada Bayi

Saat tubuh bunda dan si kecil sudah dalam keadaan yang rileks. maka bunda dapat berbicara pada si kecil dengan nada yang lembut dan pelan. Suara bunda merupakan salah satu suara yang dapat menenangkan bayi bahkan sejak ia masih berada di dalam kandungan. Berceritalah atau menyanyi sambil perlahan memberikan ASI padanya.

4. Ikuti Naluri Bayi

Saat kulit bunda sudah bersentuhan dengan kulit si kecil, biasanya bayi akan refleks mencari ASI. Jika kondisi ini terjadi maka jangan menunda memberikan ASI pada si kecil, segera berikan ASI padanya. Jika bayi sudah terlihat nyaman saat menyusu, maka biasanya selanjutnya bayi akan lebih mudah untuk minum ASI. Jika bunda dan bayi sudah mencoba dengan cukup, namun tetap tidak berhasil, maka tenangkan fikiran dan cobalah berikan bayi ASI perah. Ingatlah bahwa selalu ada waktu berikutnya, terkadang proses ini sering kali membutuhkan waktu dan juga kesabaran.

5. Periksa Kondisi ASI

Cobalah sesekali untuk memeriksa apakah ASI keluar dengan baik atau tidak. Sebab bayi yang menolak ASI bisa saja karena ASI yang terlalu sedikit atau tidak keluar. Jika memang ASI tidak lancar maka bunda perlu menenangkan fikiran dan rutin mengonsumsi makanan bergizi. Konsultasikanlah dengan dokter atau pakar laktasi jika kondisi ini terus berlanjut. Sebab bayi membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembangnya.

Nah itu dia parents, beberapa trik yang perlu parents lakukan jika bayi menolak minum ASI. Mudah-mudahan parents diberikan kemudahan dan kelancaran ya dalam melalui fase menyusui ini. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *