Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin, Persiapan Melahirkan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Keluhan Ibu Hamil yang Justru Menandakan Kehamilan Sehat

Haloo Bund..

Saat hamil, terkadang ibu hamil mengalami berbagai perubahan serta keluhan yang dialami. Kondisi tersebut tak jarang membuat ibu hamil ragu dan khawatir akan kesehatan kehamilan. Namun Bunda tak perlu selalu cemas terhadap beberapa perubahan dan keluhan tersebut, karena ada lho beberapa perubahan dan keluhan yang malah menandakan jika bunda memiliki kehamilan yang sehat. Kira-kira apa saja ya perubahan atau keluhan yang bunda rasakan yang justru menandakan kehamilan sehat?

Yuk, kita bahas bund..

1. Sensitif Terhadap Bau dan Makanan

Di awal kehamilan, sebagian ibu hamil kerap merasakan indera penciumannya menjadi lebih sensitif. Kondisi ini tak jarang memicu mual, muntah, hingga membuat nafsu makan menurun. Jika kondisi ini terjadi di awal kehamilan, bunda tak perlu cemas berlebihan, sebab kondisi ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh yang berkaitan juga dengan masalah morning sickness. Untuk mengatasi hal ini, sementara hindari bau-bauan yang cukup kuat dan menyengat.

2. Morning Sickness

Siapa diantara bunda yang pernah mengalami hal ini? Kondisi ini biasanya terjadi di awal kehamilan dan berangsur-angsur membaik  saat memasuki usia kehamilan 12 minggu.  Kondisi ini dapat menandakan kehamilan sehat, dikarenakan adanya perubahan hormon yang terjadi pada tubuh bunda. Namun, jika bunda tidak mengalaminya, bukan berarti kehamilan bunda tidak sehat. Karena juga ada ibu hamil yang tidak mengalami morning sickness, nanun tetap dapat menjalani kehamilan sehat. Yang perlu diwaspadai adalah jika kondisi ini tidak juga hilang setelah usia kehamilan 12 minggu atau muntah yang sangat sering dan cenderung berlebihan. Jika bunda mengalami ini sebaiknya segera periksakan ke dokter karena bunda mungkin membutuhkan perawatan khusus.

3. Sering Buang Air Kecil

Saat hamil bunda juga mungkin akan merasa lebih sering buang air kecil. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan volume darah sehingga ginjal bekerja lebih ekstra dan menghasilkan urine yang lebih banyak. Adanya perubahan hormon kehamilan serta rahim yang semakin membesar juga menjadi faktor yang menyebabkan ibu hamil jadi lebh sering buang air kecil.

4.  Perubahan pada Payudara

Jika bunda juga  merasakan adanya perubahan pada payudara, maka hal tersebut adalah wajar dan bisa menjadi pertanda kehamilan sehat. Kondisi ini biasanya mulai dirasakan sejak trimester pertama kehamilan akibat meningkatnya hormon progesteron dan estrogen. bunda mungkin akan mengalami beberapa perubahan seperti ukurannya yang membesar, jadi lebih sensitif, dan terasa sedikit nyeri. Namun setelah tubuh dapat beradaptasi dengan hormon kehamilan, biasanya nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya.

5. Perubahan Emosional

Apakah bunda merasa ada pergolakan emosi yang dirasakan saat sedang hamil? Jika iya, Bunda jangan khawatir, sebab hal tersebut cukup wajar. Sebab saat hamil bunda mengalami beberapa perubahan mulai dari hormon hingga perubahan secara fisik. Kondisi ini biasanya akan membaik saat bunda sudah mampu beradaptasi pada perubahan tersebut. Namun jika hal ini tak kunjung juga membaik, sebaiknya konsultasikan pada dokter atau psikolog ya, sebab gangguan emosi yang tidak tertangani dapat mempengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan.

Nah itu dia bund, beberapa perubahan atau keluhan saat hamil yang menandakan kehamilan sehat. Namun jika keluhan tersebut tak juga berhenti dan terjadi secara berlebihan, ada baiknya bunda memeriksakan diri ke dokter kandungan ya. Semoga informasi ini bermanfaat bun. Sekian.

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *