Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin, Persiapan Melahirkan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga

Kegiatan Ibu Hamil yang Dapat Dirasakan oleh Janin di Dalam Kandungan

Haloo Bund..

Saat usia kehamilan sudah semakin besar dan indera janin sudah mulai berkembang, janin juga dapat ikut merasakan apa yang terjadi di luar kandungan, terutama hal-hal yang terjadi di sekitar bunda atau apa yang sedang bunda lakukan. Oleh sebab itu, bunda perlu lebih selektif dalam melakukan berbagai kegiatan selama kehamilan. Sebab beberapa kegiatan tersebut tidak hanya dirasakan oleh bunda saja, tapi juga dapat dirasakan oleh janin di dalam kandungan. Lalu apa saja ya kegiatan ibu hamil yang dapat dirasakan oleh janin tersebut?

Yuk, kita bahas bund..

1. Saat Bunda Bicara

Umumnya pada saat usia kehamilan memasuki usia 4-6 bulan, kemampuan janin untuk mendengar mulai berkembang. Salah satu suara yang dapat didengar oleh janin adalah suara bunda itu sendiri. Oleh sebab itu, bunda perlu memperhatikan apa yang bunda bicarakan selama kehamilan. usahakan apa yang bunda bicarakan adalah hal-hal yang positif. dan hindari ucapan-ucapan negatif atau sia-sia selama kehamilan. Selain itu,  upayakan untuk mengatur bahasa dan nada bicara bunda saat hamil, ya. Cobalah untuk selalu berbicara dengan tenang, pelan dan tidak berteriak-teriak.

2. Saat Bunda Mendengar Musik

Selain suara bunda, janin juga dapat mendengar suara dari musik yang bunda dengarkan. Oleh sebab itu, pilihlah suara-suara baik untuk bunda dengarkan selama kehamilan. Itulah mengapa saat bunda mendengarkan suara-suara lembut atau murottal janin biasanaya akan merespon dengan gerakan-gerakan yang ia lakukan di dalam kandungan. Selain itu, suara-suara tersebut juga dapat menstimulasi indera pendengaran dan perkembangan otaknya.

3. Saat Bunda sedang Stress

Perasaan Stress atau cemas yang bunda rasakan saat hamil, juga dapat dirasakan oleh janin didalam kandungan. Sebaliknya saat bunda sedang bahagia janinpun dapat merasakannya. Saat bunda stres, janin akan merasa tidak nyaman karena  tingginya kadar hormon kortisol yang dihasilkan. Selain itu kondisi tersebut dalam jangka panjang dapat mempengaruhi tumbuh kembang serta kesehatan janin.  Oleh sebab itu, penting bagi bunda untuk menciptakan lingkungan yang positif selama kehamilan.

4. Saat Bunda Makan

Saat janin berusia 20 minggu, indra perasanya sudah cukup berkembang. Janin dapat mencicipi rasa makanan yang bunda makan melalui cairan ketuban. Janin bahkan juga dapat memberikan reaksi terhadap rasa yang berbeda. Ia mungkin akan lebih aktif saat merasakan sesuatu yang disukainya. Oleh sebab itu, bunda perlu selektif memilih makanan yang bunda konsumsi selama kehamilan ya.

5. Saat Bunda Merokok / Menghirup Asap Rokok

Merokok merupakan kegiatan buruk yang harus dijauhi dan ditinggalkan oleh ibu hamil. Sebab Kebiasaan ini diketahui dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan bunda, maupun bagi tumbuh kembang serta kesehatan janin. Kondisi yang diakibatkan dari kegiatan tersebut juga dapat dirasakan oleh janin di dalam kandungan, sehingga bunda perlu menjauhi kegiatan satu ini ya, selain itu hindari dan jauhi juga paparan asap rokok selama kehamilan.

Nah itu dia bund, Beberapa kegiatan ibu hamil yang dapat dirasakan oleh janin di dalam kandungan. Tentunya apa yang bunda lakukan tersebut dapat memberikan dampak yang positif atau negatif, tergantung dari jenis kegiatannya. Oleh sebab itu, saat hamil lakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat ya bund. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *