Kehamilan, Persalinan, Persiapan Melahirkan, Trimester Ketiga

Kebiasaan Ibu Hamil yang Bikin Persalinan Jadi Lebih Sulit

Sebagian besar ibu hamil tentunya memiliki harapan dapat melahirkan secara normal. Persalinan normal biasanya memang membuat ibu hamil lebih merasakan nyeri. namun rasa nyeri setelah persalinan yang dirasakan biasanya lebih cepat pulih dibandingkan dengan bunda yang menjalani persalinan caesar. Namun, ada beberapa kebiasaan selama  kehamilan yang dapat membuat persalinan normal terasa lebih sulit dan menyakitkan. kira-kira apa saja ya kebiasaan yang dimaksud?

Yuk, kita bahas bun..

1. Tidur Terlentang

Tidur telentang saat hamil adalah kesalahan yang sering dilakukan ibu hamil yang bisa membuat proses persalinan terasa semakin menyakitkan. saat bunda tidur dengan posisi telentang, bobot bayi akan menekan tulang belakang dan mengurangi suplai darah. Jadi saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga hindari tidur dengan posisi terlentang ya bun, sebaiknya tidur dengan posisi menyamping.

2. Takut Berlebihan

Salah satu hal yang membuat persalinan terasa sulit dan menyakitkan adalah ketakutan bunda sendiri. saat bunda terlalu takut, maka bunda tidak bisa bernapas dengan benar dan rasa sakit akan terasa kuat. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa rasa takut mengganggu hormon yang membuat persalinan semakin sulit. Jadi, bunda perlu lebih  bersantai dan rileks agar tidak terlalu tegang.

3. Lingkungan yang Stress

Hal lain yang harus bunda pertimbangkan adalah membuat lingkungan persalinan yang aman dan nyaman. Pertimbangkan memilih rumah sakit dan dokter atau bidang yang membuat bunda merasa nyaman. saat lingkungan bunda tidak nyaman, maka bunnda akan menjadi tegang dan akan membuat proses persalinan menjadi lebih sulit.

4. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu alasan utama yang membuat persalinan terasa lebih sulit dan menyakitkan. Dehidrasi memengaruhi semua sel dalam tubuh. tentu hal ini akan membuat bunda merasa lebih lelah, tidak dapat fokus dan berkonsentrasi. Oleh sebab itu, selalu sediakan air putih disekitar bunda agar bunda lebih ingat dan terbiasa minum air putih. 

5. Kurang Berolahraga

Kurangnya aktivitas fisik adalah salah satu alasan utama persalinan terasa lebih sulit dan menyakitkan. Jadi sebaiknya saat hamil ikutilah gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga agar bunda dapat melewati persalinan yang lancar dan lebih mudah. tentu sesuaikan olahraganya dengan kemampuan fisik bunda ya, tak perlu yang berat yang penting konsisten.

Nah itu dia bun, beberapa kebiasaan ibu hamil yang membuat persalinan jadi lebih sulit. Selain itu rasa optimis sangat penting dalam menghadapi persalinan yang lancar. Jangan lupa berdoa juga ya bun, karena ini dapat menjadi kekuatan tersembunyi yang luar biasa. Semoga bunda semua diberikan kekuatan dan kelancaran saat menghadapi persalinan nantinya ya.

Semoga infromasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *