Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga

Kebiasaan Ibu Hamil di Pagi Hari yang Bikin Janin Jadi Cerdas

Haloo Bund..

Pagi hari merupakan waktu penting sebab menjadi awalan dari segala aktifitas. hayoo siapa diantara bunda yang pada pagi hari setelah subuh melanjutkan tidur kembali? sebaiknya dihindari ya bun, sebab faktanya aktifitas yang dilakukan pada pagi hari banyak manfaatnya baik bagi tubuh ibu hamil maupun bagi janin yang ada di dalam kandungan. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengoptimalkan perkembangan otak si kecil lho bun.

Nah dari pada bunda melanjutkan tidur di pagi hari, lebih baik bunda melakukan berbagai aktifitas yang bermanfaat baik bagi kesehatan bunda maupun kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Nah selain factor nutrisi, kecerdasan janin juga dapat distimulasi dari apa yang bunda lakukan selama kehamilan. Siapa yang tidak menginginkan mempunyai anak yang cerdas? Tentu kita semua berharap demikian ya bund. Lalu, apa saja ya aktifitas pada pagi hari yang baik bagi ibu hamil dan bikin janin jadi cerdas

Yuk, kita bahas bun..

1. Mengajak janin berbicara

Luangkan waktu setiap pagi bersama pasangan untuk mengajak janin bicara. Pada trimester kedua hingga ketiga, janin asudah bisa mendengar dan merespons suara sehingga bunda dapat mengajaknya berbicara. Untuk memvariasikan komunikasi ke janin, bunda juga dapat bernyanyi atau membacakan buku. Jika janin di dalam kandungan sedang tertidur, usaplah lembut perut bunda sambil ajak ia bercerita, mungkin si kecil samar-samar akan mendengarkan apa yang bunda katakan hihi.

2. Berjalan Kaki

Olahraga faktanya merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan selama kehamilan. salah satu olahraga yang aman dan mudah dilakukan oleh ibu hamil adalah berjalan kaki di pagi hari. aktifitas ini banyak manfaatnya, selain menyehatkan tubuh bunda, hal ini juga dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Selain itu, sinar matahari pagi juga merupakan sumber vitamin D yang baik bagi kita. Pada ibu hamil yang mau melahirkan, berjalan kaki juga bermanfaat untuk memancing datangnya kontraksi. namun jalan kakinya jangan jauh-jauh ya bun, sesuaikan dengan kemampuan bunda. Bunda juga bisa mengajak pasangan atau keluarga untuk menemani bunda jalan kaki di pagi hari.

3. Sarapan Sehat

Sarapan merupakan kebiasaan penting yang tidak boleh bunda lewatkan. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, bunda bisa mengonsumsi biji2an seperti kacang hijau ataupun sayuran hijau seperti bayam. selain itu, kebutuhan  asam lemak omega 3 juga baik bagi perkembangan otak janin, bunda bisa mendapatkannya secara alami dengan mengonsumsi ikan ataupun telur. Kombinasikan dan variasikanlah menu sarapan agar bunda tidak merasa bosan.

jadi, sudahkah bunda sarapan pagi ini? Yuk bun biasakan sarapan pagi setiap hari ya hehe

Nah itu dia bun, beberapa kebiasaan baik di pagi hari yang sebaiknya tidak bunda lewatkan. Tetap semanagat bun dalam menjaga dan membersamai si kecil, mudah-mudahan bunda diberikan kekuatan dan kemudahan dalam menjalaninya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya bun 🙂

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *