Parenting, Perawatan Bayi

Jangan Salah Pilih, Tips Memilih Popok yang Aman Bagi Bayi

Memilih popok untuk si kecil merupakan hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik oleh setiap Orang tua. Sebagian orang tua memilih menggunakan popok jenis kain dan sebagian lagi ada yang memilih menggunakan popok sekali pakai atau biasa disebut dengan pospak. Pemilihan jenis ini tentu tergantung kebutuhan dan pertimbangan masing-masing orang tua. Bila parents memilih menggunakan pospak atau diapers tentu parents harus memastikan bahan yang terkandung di dalamnya tidak berdampak pada gangguan kesehatan si kecil. selain bahan yang terkandung pada popok adakah hal-hal lain yang harus dipertimbangkan sebelum memilih popok untuk si kecil?

Yuk langsung kita bahas aja parents..

1. Pilih Jenis yang Tepat untuk Bayi

Saat ini popok sudah hadir dengan berbagai jenis mulai dari popok kain biasa, clodi hingga pospak atau diapers. Tentunya masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika parents menggunakan pospak pastikan kandungannya aman untuk kulit si kecil terutama jika kulitnya sensitif. Parents juga bisa mengkombinasikan penggunaan beberapa jenis popok ini seperti jika siang hari menggunakan popok kain dan malam menggunakan diapers.

2. Cobalah Terlebih Dahulu dengan Kemasan yang Kecil

Jika parents ingin mencoba merek popok tertentu untuk si kecil jangan langsung membeli kemasan yang besar ya parents . pilihlah kemasan yang kecil dan lihatlah bagaimana popok atau pospak tersebut bekerja pada kulit si kecil. jika sudah terbukti aman dan nyaman bagi sikecil parents bisa berlangganan untuk membeli kemasan yang lebih besar.

3. Memberikan Rasa Nyaman bagi Bayi

Tips yang ketiga saat memilih untuk membeli popok pada bayi lihatlah bagaimana reaksi si kecil saat memakainya. Setiap bayi memiliki preferensi yang berbeda-beda mengenai popok yang nyaman untuk mereka. Ada yang nyaman menggunakan merek A ada yang lebih nyaman menggunakan merek B dan lain-lain. Jadi meskipun semua iklan popok menginformasikan rasa nyaman yang akan didapatkan ketika menggunakan produknya tetapi jawabannya tetap ada di diri si kecil sendiri ya parents hehe..

4. Memiliki Daya Serap yang Baik

Jika parents memilih menggunakan pospak atau diapers, pastikan diapers tersebut memiliki daya serap yang baik. Karena jika daya serapnya baik maka tidak mudah bocor. Pilihlah juga diapers yang memiliki kualitas yang baik yang bisa melindungi kulit si kecil dari lembap. Karena lembap yang terus menerus akan menyebabkan ruam pada kulit si kecil

5. Pilih ukuran yang tepat

Popok dengan ukuran yang tidak sesuai akan mengakibatkan kebocoran dan membuat si kecil gelisah karena kesempitan. Ukuran popok biasanya berdasarkan berat badan si kecil. namun antara satu merek dengan merek yang lain terkadang berbeda. Jadi pastikan ukurannya tepat sebelum memakaikannya pada si kecil ya parents.

Nah itu dia tips memilih popok yang aman untuk si kecil. jika parents punya tips lainnya boleh dishare di kolom komentar. Berbagi ilmu dan pengalaman dengan parents lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Direview Oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *