Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga

Jangan Asal, Inilah Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Saat Mandi

Haloo Bund..

Mandi merupakan aktivitas rutin dan dianjurkan untuk menjaga kebersihan tubuh. Selain dapat membuat badan menjadi lebih segar, mandi secara rutin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun saat hamil bunda harus ingat, kini ada makhluk kecil di dalam perut yang perlu bunda perhatikan keselamatan dan kenyamanannya. jadi bunda tidak boleh sembarang mandi agar tidak membahayakan keselamatan janin di dalam kandungan. Kira-kira hal apa saja ya yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil saat mandi.

Yuk, kita bahas bun..

1. Mandi dengan Suhu Air Terlalu Panas

Berendam atau mandi dengan air panas memang terasa menyegarkan. Namun saat tubuh terasa lelah dan tekanan darah turun, mandi dengan air hangat akan membuat pembuluh darah di tubuh ibu hamil menjadi melebar. Selain itu, berendam di air panas berlama-lama sangat tidak dianjurkan, karena Hal tersebut dapata membatasi aliran darah dan nutrisi untuk janin. Jika ingin mandi dengan air hangat, gunakanlah air hangat yang mendekati suhu normal.

2. Berendam dengan Waktu yang Lama

Meski berendam adalah salah satu cara favorit untuk membersihkan diri dan membuat tubuh relaks, Namun kebiasaan berendam yang terlalu lama berisiko memengaruhi perkembangan janin. Selain itu, terlalu banyak menggunakan sabun khusus saat berendam cukup berbahaya bagi kesehatan karena busanya bisa mengganggu keseimbangan pH di area vagina.

3. Mandi Pada Waktu yang Tidak Tepat

saat hamil tubuh mejadi lebih sensitif, oleh sebab itu sebaiknya bunda tidak sembarangan memilih waktu untuk mandi. Hindari kebiasaan mandi terlalu pagi dan di tengah malam. Sebab jika mandi di pagi dini hari dapat membuat tubuh menggigil dan saat mandi tengah malam malah menimbulkan penyakit tertentu. Ibu hamil sebaiknya memilih waktu yang paling nyaman seperti di atas jam 5 pagi dan mandi pada sore hari.

4. Tidak Memperhatikan Kondisi Kamar Mandi

Di kamar mandi merupakan salah satu tempat yang beresiko tinggi bagi ibu hamil untuk terjatuh. Oleh sebab itu, bunda tidak boleh abai terhadap kondisi kamar mandi. Perhatikan pijakan ketika berjalan di dalam kamar mandi, terutama di bagian lantai yang tidak rata. Jika perlu, gunakanlah sandal anti slip untuk mengantisipasi resiko terjatuh di kamar mandi.

5. Menggunakan Banyak Busa

Jangan menggunakan busa terlalu banyak jika bunda mandi dengan shower atau berendam di dalam bak mandi. Busa sabun yang terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada kemaluan yang dapat berdampak buruk bagi janin. Oleh karena itu gunakan sabun-sabun alami yang terbuat dari minyak esensial dan hindari sabun yang terlalu wangi.

Nah itu dia bun, beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil saat mandi. Semoga informasi ini bermanfaat.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *