Parenting, Perawatan Bayi

Inilah Kebutuhan Tidur Bayi Ideal Sesuai Usianya

Hello Parents..

Tidur merupakan salah satu aktifitas penting bagi tubuh termasuk pada bayi. Aktifitas satu ini jangan disepelekan parents, sebab hormon pertumbuhan dikeluarkan saat bayi tertidur nyenyak di malam hari. Tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat melindungi bayi dari kerusakan jantung dan pembuluh darah, menjaga berat badan bayi, serta membantu tubuh bayi dalam melawan berbagai infeksi. Namun orang tua perlu mengetahui bahwa kebutuhan tidur bayi berbeda-beda sesuai dengan usianya. Kira-kira berapa lama ya kebutuhan tidur bayi sesuai dengan usianya?

Yuk, kita bahas parents..

1. Bayi 0-3 Bulan

Bayi yang baru lahir memang sulit memiliki pola tidur siang ataupun malam. Sebab si kecil masih beradaptasi membedakan siang dan malam. Namun Secara umum, bayi baru lahir akan tidur 16-20 jam dalam sehari. Namun, bayi akan terbangun setiap 2-4 jam untuk menyusu. dalam 3 bulan pertama, bayi baru lahir akan mulai beradaptasi untuk tidur siang dan malam hari. Saat usianya mencapai 3 bulan, jam tidur bayi akan sedikit berkurang, yaitu 14-15 jam dalam sehari karena ia mulai dapat melakukan berbagai aktifitas.

2. Bayi 3-6 Bulan

Pada rentang usia ini, bayi akan tidur selama 10-18 jam dalam sehari, dengan rata-rata 14 jam sehari. Sama seperti bayi yang baru lahir, bayi pada usia ini juga akan terbangun untuk menyusu. Pada usia ini bayi masih membutuhkan bantuan parents untuk membuatnya tertidur. Parents dapat membantunya tertidur dengan menimang-nimang atau menyanyikan lagu untuknya.

3. Bayi 6-12 Bulan

Saat usianya berada di rentang 6-12 bulan, bayi akan membutuhkan waktu tidur sekitar 14 jam dalam sehari. Pada siang hari, bayi akan tidur selama 1-2 jam, sedangkan pada malam hari biasanya ia akan tidur antara pukul 6 sore–10 malam. Saat malam hari ia membutuhkan waktu untuk dapat tertidur, oleh sebab itu parents harus lebih sabar dalam mendampinginya. Selain itu, bayi juga mungkin akan sesekali terbangun pada malam hari. sehingga peran parents sangat besar dalam menidurkannya kembali. Sabar ya parents dalam menghadapi fase ini, karena hal ini hanya sementara kok hehe

4. Bayi 12-18 Bulan

Bayi pada usia 12-18 bulan membutuhkan waktu tidur selama 13-15 jam dalam sehari. Kebanyakan bayi akan tidur siang dua kali dalam sehari, hingga ia berusia 18 bulan. Selain itu, bayi dalam rentang usia ini juga sedang asyik mengeksplorasi lingkungan sekitar, sehingga kadang sulit untuk membuatnya tidur pada malam hari. Bayi pun biasanya akan cenderung memilih untuk bermain dibandingkan tidur hehe. Jadi parents harus punya cara ampuh untuk mebuat bayi tertidur.

Nah itu dia parents, kebutuhan waktu tidur bayi sesuai dengan usianya. Kalau parents sudah berada di fase yang mana nih? share pengalamannya di kolom komentar ya.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *