Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga

Inilah Ciri-ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

Haloo bund..

Selama hamil, ibu hamil sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan nutrisi serta gizi yang seimbang demi perkembangan janin yang optimal. Asam folat merupakan salah satu nutrisi sangat penting bagi bunda selama masa kehamilan. Kekurangan asam folat saat hamil dapat membahayakan bunda maupun kehamilan. sebab, tubuh akan kesulitan memproduksi sel darah merah. lalu apa ya ciri-ciri ibu hamil yang kekurangan asam folat?

Yuk, kita bahas bund..

1. Mudah Lelah

Kekurangan asam folat saat hamil menyebabkan berkurangnya pasokan pembentuk sel darah merah yang mengakibatkan hemoglobin sebagai pengangkut oksigen dalam aliran darah menjadi ikut berkurang. hal ini mengakibatkan bunda akan mudah letih, lelah, dan tubuh tidak bersemangat untuk beraktivitas. Jika bunda merasa lelah yang sangat parah maka segera kunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

2. Gangguan Pencernaan

Kekurangan asam folat saat hamil juga dapat mengganggu saluran pencernaan. Hal tersebut dapat berpengaruh pada kemampuan usus dalam menyerap sari dan cairan menjadi tidak optimal. Selain itu, kondisi ini dapat mengganggu fungsi lambung dan bunda rentan mengalami masalah lambung seperti maag.

3. Mudah Sakit

Pada dasarnya sistem kekebalan tubuh ibu hamil memang cukup rentan selama kehamilan. namun jika bunda kekurangan asam folat maka bunda akan menjadi lebih lemah dan mudah sakit. Tidak hanya gangguan kehamilan ringan seperti morning sickness, tapi juga kondisi yang lebih buruk. Hal ini karena asam folat sangat penting untuk mendukung sistem penyerapan nutrisi dalam tubuh.

4. Kulit Pucat

Saat tubuh bunda kekurangan asam folat, tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah dan hemoglobin yang menyediakan jumlah oksigen yang diperlukan bagi organ-organ tubuh. Selain anemia, kulit pucat juga akan dialami oleh ibu hamil yang kekurangan asam folat selama kehamilannya. Jadi, ada baiknya bunda memerhatikan kembali tanda-tanda kulit mulai terlihat tidak sehat atau memucat saat hamil.

5. Masalah Indra Perasa

selain rentan terhadap sariawan pada mulut, kesulitan mencicipi rasa dalam makanan juga menjadi tanda tanda tubuh kekurangan asam folat. Sebab reseptor rasa tidak dapat mengirim pesan ke otak melalui sistem saraf akibat gangguan pada lidah.

Nah itu dia bun, beberapa ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat. Selain dari suplemen. asam folat juga bisa bunda dapatkan dari sayuran, buah, dan protein hewani. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian.

informasi ini direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *