Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Inilah Alasan Janin Menendang yang Bikin Gemas

Haloo Bund..

Salah satu hiburan ibu hamil saat menjalani kehamilan adalah merasakan gerakan dan tendangan yang dilakukan oleh janin di dalam kandungan. Rasanya bikin geli dan menyenangkan ya bund saat merasakan tendangan dari si kecil? Namun pernahkah ibu hamil bertanya-tanya, mengapa ya janin menendang-nendang dalam perut bunda? apakah ia hanya ingin mencari perhatian atau ada alasan lain yang mungkin belum bunda ketahui. Nah dari pada bunda semakin penasaran, pada edisi kali ini dunia bunda akan membahas, beberapa alasan yang membuat janin menendang perut bunda dari dalam kandungan.

Yuk, kita bahas bund..

1. Menguatkan Tulang, Otot, dan Sendi-sendinya

Tendangan yang dilakukan janin sangat penting dalam penyelarasan fungsi otot, sendi, tulang, ligamen dan syaraf tubuhnya. Saat janin menendang perut bunda, sebenarnya janin juga sedang melatih dan memberi tekanan pada tulang, otot, dan sendi-sendinya yang sedang berkembang pesat. Semakin besar usia kehamilan maka ukuran janinpun akan semakin besar sehingga membuat tendangan janin akan semakin kuat dan kencang. Tentu hal ini merupakan pertanda baik yang menandakan janin tumbuh dengan baik didalam kandungan.

2. Responnya Terhadap Lingkungan

Tendangan janin di dalam kandungan juga merupakan bentuk responnya terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Misalnya saat ada suara yang terlalu keras, maka janin dapat dengan reflek menendangkan kakinya ke dinding rahim bunda. Terlalu banyak suara, cahaya, atau karena bunda baru saja mengonsumsi makanan tertentu dapat membuat bayi menendang atau bergerak. Janin cenderung bergerak dan menendang memang sebagian besar sebagai respons terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

3. Butuh Peregangan dan Relaksasi

Sama seperti halnya kita, janin di dalam kandungan juga membutuhkan peregangan dan relaksasi. Hal ini refleks ia lakukan untuk mencari posisi yang membuatnya nyaman. Itulah kenapa janin sebagian besar lebih aktif di malam hari. Sebab, saat siang hari bunda lebih banyak beraktifitas dan membuat gerakan yang malah membuat bayi tertidur. Namun, saat memasuki periode akhir kehamilan, tubuh tubuh janin yang semakin besar membuat ruang geraknya menjadi terbatas sehingga bunda bunda akan merasakan gerakan janin yang sedikit berkurang. Sehingga penting bagi bunda untuk terus memantau pergerakan janin selama masa kehamilan.

Nah itu dia bun, beberapa alasan janin di dalam kandungan menendang-nendang perut bunda. Jadi bukan semata-mata hanya untuk mencari perhatian ya bun, namun hal itu memang dibutuhkan dan menandakan kesehatannya di dalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun.

Sekian.

Informasi ini direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *