Parenting, Perawatan Bayi

Inilah Alasan Bayi Menendang saat Sedang Menyusu

Proses mengasihi atau menyusui si kecil memang penuh cerita dan menarik ya parents. Sebagian besar bunda pasti pernah mengalami kejadian unik saat sedang menyusui si kecil. Salah satunya adalah saat si kecil menendang-nendang ketika ia sedang disusui hihi. Terkadang tendangannya ini membuat bunda bingung dan gelisah ya sekaligus kesal hihi karena bunda harus berkali-kali menempatkannya ke posisi yang benar untuk menyusu. Ternyata parents dibalik tendangannya itu si kecil punya alasan lho  mengapa ia menendang saat ia sedang menyusu? Parents penasaran?

Langsung kita bahas aja yuk parents..

1. Merasa kurang nyaman saat sedang menyusu

Alasan pertama si kecil menendang saat ia sedang menyusu ialah karena ia merasa posisinya kurang atau tidak nyaman. Si kecil mengkomunikasikan rasa tidak nyamannya itu dengan menendang2 bunda agar bunda merubah posisi si kecil sesuai dengan keinginannya hihi lucu ya parents.  Tendangan si kecil akan semakin kencang dan berlanjut jika bunda tidak langsung meresponnya dan masih juga belum peka hehe. Nah untuk mengetahui posisi menysui yang baik dan benar sesuai dengan keinginan bayi, parents bisa berkonsultasi ke dokter anak atau pakar laktasi ya.

2. Merasa ASI yang didapatkannya kurang atau belum cukup

Tendangan si kecil saat sedang menyusu juga bisa berarti bahwa ia meras kurang dengan asupan ASI yang ia dapatkan.  Jika si kecil merasa kurang, bunda bisa memindahkan si kecil untuk menysu dari payudara yang satunya. Karena da beberapa bunda yang produksi asinya berbeda antara payudara yang satu dengan payudara yang satunya. Untuk mendapatkan asi yang melimpah, bunda bisa mengkonsumsi makanan dan minuman booster asi seperti sayur daun katuk dan sayur bayam. Bantu bunda untuk mendapatkan booster ASInya ya ayah hihi

3. Bahagia mendengar suara bunda

Saat sedang menyusui si kecil, biasanya sebagian besar bunda juga mengajaknya berbicara atau mendendangkan lagu untuknya. Ternyata suara  bunda bisa membuat hatinya bahagia sehingga ia meresponnya dengan cara menendang-nendang tanda bahwa ia bahagia. Wah lucu ya parents hihi. Jadi bunda dan ayah harus  sering2 mengajaknya bicara ya.

4. Ingin rasa ASI yang satunya

Kedua payudara bunda bisa menghasilkan rasa ASI yang berbeda. Biasanya ada salah satu payudara yang rasa SInya lebih asin dibandingkan payudara yang satunya. Nah alasan si kecil menendang berikutnya ialah bisa jadi ia mengingkan minum ASI dari sisi payudara lainnya. Rasa ASI yang berbeda juga bisa dikarenakan kondisi kesehatan dan pola makan bunda.

5. Si kecil sedang sariawan

Saat si kecil sedang sariawan, ia kan merasa kurang nyaman saat menyusu. Rasa kurang nyamannya itu direkspresikannya dengan tendangan saat ia sedang menyusu. Si kecil memang mudah mengalami sariawan karena system imunitasnya belum berfungsi secara sempurna. Namun parents jangan khawatir karena sariawan ini akan tumbuh dengan sendirinya.

Nah itu dia parents beberapa alasan dibalik menendangnya si kecil saat ia sedang menyusu. Semoga setelah ini jika si kecil menendang saat sedang menyusu parents bisa lebih memahami dan mengerti maksud tendangannya yaa.

Semoga informasi ini bermanfaat. sekian

One thought on “Inilah Alasan Bayi Menendang saat Sedang Menyusu

  1. Menambah pengetahuan lagi.. Sebab anak saya seperti itu..bukan hanya menendang bahkan dia menarik2 puting.. Trus duduk.. Lasak kalau lagi mnum asi..

    Mau tanyak, kenapa ya bayi tidak mau makan? Umur 8 bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *