Parenting, Tips Parenting

Ide Permainan untuk Bayi 0-3 Bulan, Yuk Kita Coba Parents!

Hello Parents..

Di awal-awal kelahirannya belum banyak yang dapat dilakukan oleh bayi. Umumnya waktunya akan lebih banyak digunakan oleh bayi untuk tertidur dan menyusu. Namun meskipun begitu, ada beberapa permainan yang masih dapat dilakukan oleh orang tua pada bayinya. Tentunya aktivitas ini menyenangkan dan mampu menghangatkan hati. Selain itu, permainan yang parents lakukan juga dapat menstimulasi perkembangan otak serta kemampuan motorik si kecil. Nah untuk itu, pada edisi kali ini akan kita bahas, beberapa permainan yang dapat dilakukan pada bayi berusia 0-3 bulan. Yuk, kita bahas parents..

1. Memindahkan Benda

Bayi yang baru lahir biasanya belum bisa melihat dengan jelas. Barulah pada saat usianya mencapai satu bulan, penglihatannya mulai fokus pada jarak dekat sekitar 20-30 cm. Parents bisa menaruh benda sehingga bisa dilihat oleh bayi dalam jangkauannya. Tunggu sebentar hingga ia mulai fokus, lalu gerakan benda secara perlahan ke kanan dan kiri. Hal ini akan membuat si kecil mengikuti pergerakan benda yang parents gerakkan. Lama kelamaan bayi akan terdorong untuk meraih benda tersebut. Sehingga permainan Ini bisa menjadi dasar yang baik untuk melatih koordinasi mata dan tangan.

2. Tummy Time

Tummy time bermanfaat untuk memperkuat otot leher bayi. Sebagai permulaan, parents bisa memosisikan bayi tengkurap di atas dada guna mempererat bonding antara parents dengan si kecil. Jika Parents sudah lebih yakin, coba tengkurapkan bayi di atas permukaan rata, pastikan tidak ada bantal dan selimut yang menutupi sekitar bayi. Namun awasi si kecil dan pastikan ia dapat bernafas dengan nyaman Sesuaikan waktu tengkurap dengan usia dan kemampuan si kecil ya parents.

3. Bermain Suara

Bahkan sejak masih di dalam kandungan, bayi sudah dapat mendengar suara-suara yang ada di sekitarnya. Sehingga tak heran saat ia ahir, bayi mulai tertatik dan memerhatikan suara-suara yang ada di sekitarnya. Nah parents bisa mengenalkan suara dari beragam sumber bunyi pada si kecil. Ubahlah intonasi suara parents dari tinggi ke rendah untuk membuat si kecil tertawa. Atau parents juga dapat mengenalkan suara-suara binatang pada si kecil.

4. Permain Senam Motorik

Parents juga bisa mengajak si kecil bermain dengan melakukan gerakan senam motorik. Caranya cukup sederhana, posisikan bayi dalam posisi telentang, lalu parents bisa mengangkat kedua kakinya dengan posisi seperti mengayuh sepeda. Hal ini selain baik bagi perkembangan motoriknya juga dapat mengatasi perutnya yang kembung. Kombinasikan dengan pijatan lembut pada bagian tubuh bayi lainnya untuk membuat tubuh bayi lebih rileks dan memperkuat ikatan antara parents dengan bayi.

Nah itu dia parents, beberapa ide permainan sederhana yang bisa parents lakukan pada bayi yang berusia 0 – 3 bulan. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *