Kehamilan, Trimester Ketiga

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil yang Mau Melahirkan

Haloo Bund..

Saat kehamilan memasuki trimester terakhir atau mendekati persalinan, ibu hamil sudah harus mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk menghadapai persalinan. Mulai dari persiapan secara fisik, mental maupun finansial. Meskipun pada usia ini tidak serentan pada saat kehamilan trimester pertama, bunda tetap harus waspada dan berhati-hati agar sesuatu yang buruk terjadi pada bunda maupun janin. Untuk itu, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak bunda lakukan saat memasuki trimester ketiga atau mendekati hari persalinan. Kira-kira apa saja ya hal yang dimaksud?

Yuk, kita bahas bun..

1. Melakukan Aktivitas yang Berat

Sebenarnya pada usia kehamilan tua bunda masih diperbolehkan melakukan aktifitas harian, bahkan sebenarnya bunda disarankan untuk melakukan kegiatan ringan seperti membaca buku serta berolahraga ringan di rumah. Namun Hindari melakukan kegiatan yang dapat membuat bunda kelelahan seperti mengangkat beban terlalu berat atau berdiri terlalu lama. Jika pekerjaan tersebut harus dikerjakan segera, mintalah pasangan atau keluarga untuk membantu bunda.

2. Makan Sembarangan

Meski sudah memasuki tahap akhir kehamilan, bunda jangan sampai lengah atau tergoda mengonsumsi makanan yang bisa membahayakan janin seperti makanan mentah, ikan bermerkuri tinggi, maupun minuman yang mengandung tinggi kafein. Jadi, perhatikanlah dengan seksama asupan makanan yang bunda konsumsi dan perbanyak makan makanan yang dapat memberi manfaat untuk janin.

3. Tidur Terlentang

Saat akhir kehamilan bentuk perut bunda tentu akan semakin besar dan membuat bunda kesulitan untuk tidur. Sebaiknya bunda menghindari posisi tidur terlentang karena karena dapat menyebabkan peningkatan pada tekanan pembuluh darah sehingga dapat membuat suplai oksigen ke janin di dalam kandungan menjadi terganggu. Posisi tidur yang dianjurkan untuk ibu hamil di trimester akhir adalah tidur menyamping.

4. Melakukan Perjalanan Jauh

Mengingat waktu persalinan sudah semakin dekat sehingga si kecil bisa lahir kapan saja, bunda yang sedang hamil tua sebaiknya menghindari melakukan perjalanan jauh. Selain itu, perjalanan jauh juga bisa membuat bunda menjadi kelelahan yang memberikan dampak negatif untuk janin. Jadi pertimbangkan kembali jika bunda memiliki niat untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh saat berada di trimester akhir kehamilan

5. Stress

Saat mendekati persalinan tentu ada perasaan deg-degan, cemas dan gelisah. namun jangan sampai perasaan tersebut membuat bunda menjadi stress. Alihkan perasaan tersebut dengan membayangkan akan bertemu dengan si kecil untuk pertama kalinya. atau melakukan kegiatan positif untuk mengalihkan ketakutan dan kekhawatiran bunda. Dengan begitu bunda akan lebih bersemangat dan terhindar dari perasaan stress menjelang melahirkan.

Nah itu dia bun, beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan ibu hamil saat mendekati persalinan. Semoga bunda yang mau menghadapi persalinan diberikan kekuatan dan kemudahan dalam melewatinya ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *