Parenting, Perawatan Bayi, Uncategorized

Hal yang Menyebabkan Bayi Jadi Lebih Mudah Kembung

Hello Parents..

Kembung merupakan salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada bayi. Ada yang kembung ringan bahkan ada pula kembung yang mengakibatkan perut bayi menjadi tidak nyaman. Tentu kondisi ini merupakan kondisi yang tidak kita harapkan terjadi. Lalu mengapa ya bayi mudah sekali kembung? Ternyata, ada beberapa hal yang tanpa disadari membuat bayi menjadi lebih mudah kembung. Kira-kira apa saja ya hal yang membuat bayi jadi lebih mudah kembung tersebut?

Yuk, kita bahas parents..

1. Kurang Disendawakan

Saat bayi menyusu seringkali ada udara masuk yang menyebabkan bayi menjadi kembung. Gas yang berasal dari udara tersebut perlu dikeluarkan untuk menghindari kembung pada bayi. Salah satu caranya adalah dengan cara disendawakan. Bayi yang sering disendawakan setelah kenyang menyusu memiliki risiko lebih rendah mengalami kembung. Oleh sebab itu, pelajari cara menyendawakan bayi yang baik dan benar setelah menyusu ya

2. Terlalu Banyak Makan dalam Satu Waktu

Hindari memberikan bayi terlalu banyak makanan dalam satu kali waktu. Semakin banyak makanan di perut yang harus dicerna akan meningkatkan jumlah gas yang lebih besar sehingga meningkatkan risiko kembung. Cobalah untuk memberi makan bayi dalam jumlah yang cukup namun sering untuk membantu mengurangi produksi gas dalam sistem pencernaannya.

3. Kolik

Kolik pada bayi adalah situasi saat bayi yang dalam kondisi sehat sering menangis secara berlebihan. Umumnya kolik terjadi pada beberapa minggu awal setelah bayi lahir dan akan berhenti setelah usia bayi 4 bulan. Biasanya bayi menangis di waktu petang dan sulit diredakan hingga beberapa jam. Meskipun gas tidak menyebabkan kolik, namun saat si kecil menangis lebih banyak maka kemungkinan ia akan menghirup lebih banyak udara saat menangis, sehingga menyebabkan peningkatan jumlah gas di dalam perutnya.

4. Pencernaan yang Belum Matang

Sistem pencernaan bayi yang belum bekerja dengan baik juga dapat membuat bayi kembung. Sebab tak jarang bayi kembung disebabkan oleh gas yang dihasilkan akibat sistem pencernaannya yang belum mampu mencerna sesuatu dengan baik. Jika ia minum ASI, kemungkinan makanan yang bunda konsumsi, yang mengalir melalui ASI, tidak dapat dicerna oleh pencernaan bayi. Jika ia minum susu formula, bisa jadi ia tidak cocok dengan kandungannya. Jika kondisi ini terus berlanjut ada baiknya parents berkonsultasi dengan dokter anak untuk mencari solusi terbaiknya ya.

Nah itu dia parents, beberapa hal yang membuat bayi menjadi lebih mudah kembung. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *