Perawatan Bayi

Hal yang Menyebabkan Anak Terlambat Berjalan

Hello parents..

Berjalan merupakan salah satu fase perkembangan dari bayi saat usainya semakin besar. Pada umumnya, kemampuan bayi dapat berjalan ini berbeda antara bayi yang satu dengan bayi yang lain. Biasanya bayi mulai dapat melangkah untuk pertama kalinya di usia 9-12 bulan dan mulai bisa berjalan di usia 14-15 bulan. Namun, apabila sudah lewat usia 18 bulan anak masih belum mampu berjalan sendiri, mungkin ia mengalami kondisi keterlambatan dalam berjalan. Kira-kira apa ya yang menyebabkan seorang anak mengalami sedikit keterlambatan untuk berjalan dibanding anak-anak lain pada usianya?

Yuk, kita bahas parents..

1. Ketidakmatangan Sistem Motorik

Keterlambatan berjalan pada seorang anak sering dikaitkan dengan keterlambatan keterampilan motoriknya. Keterbatasan tersebut biasanya terjadi karena gerakan motorik dan kematangan saraf masih belum maksimal. Namun, Parents tak perlu bingung, hal ini bisa terjadi karena anak fokus mengembangkan keterampilan lainnya seperti berbicara dan mendengarkan, dan memperhatikan lingkungannya. Jadi parents terus fokus saja melatih kemampuan motorik si kecil ya.

2. Keterlambatan Motorik Lain

Sebelum bayi dapat berjalan, biasanya ia akan melalui beberapa fase penting, seperti berguling, merangkak, duduk, dan berdiri. Jika si kecil juga mengalami keterlambatan perkembangan motorik tersebut, maka risiko si kecil mengalami keterlambatan berjalan juga biasanya menjadi tinggi. Oleh sebab itu, terus pantau dan latih perkembangan motorik anak sesuai dengan usianya ya

3. Sikap / Karakter

Sikap atau karakter tiap anak tentu berbeda-beda, terkadang hal ini juga dapat menyebabkan bayi mengalami keterlambatan dalam berjalan. Hal ini disebabkan ada bayi yang lebih suka duduk atau merangkak sehingga merasa tak perlu untuk berjalan. Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, maka parents harus ekstra bersabar dan terus berusaha memberikan stimulasi agar si Kecil semangat untuk mulai berjalan.

4. Pengaruh Lingkungan

Selain faktor dari dalam dirinya, si kecil dapat mengalami keterlambatan berjalan karena faktor eksternal atau lingkungannya. Hal ini dapat terjadi misalnya jika si kecil yang terus menerus digendong sehingga menyebabkan si kecil tidak pernah belajar berjalan. Oleh sebab itu, rutinkanlah melakukan aktifitas fisik bersama si kecil untuk optimalkan perkembangan motoriknya.

5. Gangguan Kelainan

Terkadang ada beberapa faktor yang berada di luar kendali kita yang menyebabkan si kecil terlambat berjalan.  Misalnya adanya gangguan kelainan dari lahir yang memengaruhi otot dan kekuatan kakinya untuk menopang berat badannya sehingga menyebabkan anak kesulitan untuk berdiri atau berjalan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter agar parents tahu bagaimana penanganan dan treatment yang tepat bagi si kecil.

Nah itu dia parents, beberapa hal yang dapat menyebabkan si kecil mengalami keterlambatan dalam berjalan. Mudah-mudahan kondisi ini tidak terjadi pada si kecil ya, dan jikalau terjadi semoga parents diberikan kemampuan dan kemudahan dalam membersamai si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *