Persiapan Melahirkan

Hal yang Harus Dihindari Ibu Hamil Untuk Kurangi Nyeri Persalinan

Haloo Bund..

Membayangkan rasa nyeri atau sakit saat persalinan tentu dapat membuat ibu hamil menjadi khawatir dan cemas. Terlebih bagi ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Namun hal itu harus bunda lalui untuk bertemu dengan sang buah hati. Nah untuk bunda yang tengah mempersiapkan persalinan, sebaiknya bunda menghindari beberapa hal berikut agar persalinan tidak terasa terlalu nyeri. Kira-kira apa saja ya hal yang harus dihindari ibu hamil untuk mengurangi rasa nyeri saat persalinan nanti?

Yuk, kita bahas bund..

1. Cemas Berlebihan

Tentu rasa cemas sulit dihindari oleh ibu hamil yang akan melahirkan. Kondisi ini merupakan hal yang wajar dan dialami oleh setiap ibu hamil. Namun rasa cemas itu harus bisa bunda kontrol. jangan sampai rasa cemas tersebut berubah menjadi ketakutan yang sangat berlebihan. Sebab kekhawatiran yang dirasakan ibu hamil tentu dapat mempengaruhi kondis fisik ibu hamil itu sendiri. Tubuh akan menjadi lebih tegang, sehingga rasa nyeri pun akan lebih terasa. Untuk mengatasinya, bunda perlu melatih fikiran untuk selalu melihat segala sesuatu dengan fikiran yang positif.

2. Kurang Minum

Ibu hamil dianjurkan untuk minum air putih lebih banyak karena tubuh yang mudah merasa lelah selama kehamilan. Khususnya menjelang persalinan. Jangan sampai bunda kekurangan cairan yang mengakibatkan dehidrasi, karena kondisi ini dapat membahayakan kehamilan. Selama proses persalinan, tubuh akan bekerja sangat keras sehingga bunda membutuhkan cairan yang cukup. Oleh karena itu, ada baiknya selalu sediakan sebotol air putih di samping bunda ya. Tubuh yang selalu terhidrasi akan membuat bunda lebih berenergi dalam menghadapi proses persalinan.

3. Tidak Mencari Tahu Informasi Seputar Persalinan

Saat persalinan tiba, ada beberapa teknik yang bisa bunda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit yang diakibatkan proses persalinan. Untuk itu, sebaiknya bunda mencari tahu dan mempelajari proses persalinan agar bunda tahu apa yang harus bunda lakukan saat kontraksi datang, bagaimana posisi melahirkan yang tepat, cara pernafasan yang benar, serta cara mengejan yang benar. Sehingga bunda lebih siap dan dapat mengedalikan diri dengan baik saat persalinan tiba.

4. Kurang Mendapatkan Nutrisi

Persalinan merupakan proses yang sangat menguras energi. Oleh sebab itu, bunda perlu memastikan tubuh bunda cukup mendapatkan nutrisi menjelang persalinan. Mungkin mendekati persalinan beberapa ibu hamil ada yang kehilangan nafsu makan, namun jangan sampai hal tersebut membuat bunda menjadi malas makan. Untuk mensiasatinya bunda bisa mempebanyak cemilan sehat agar perut bunda tetap terisi dan bunda tetap mendapatkan tambahan energi.

Nah itu dia bun, beberapa hal yang perlu bunda hindari agar persalinan tak terasa begitu nyeri. Mudah-mudahan bunda dapat melalui persalinan dengan baik dan lancar tanpa kurang sesuatu apapun ya. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *