Kehamilan, Kesehatan, Perkembangan & Gerakan Janin, Persalinan, Persiapan Melahirkan

Hal yang Dapat Menyebabkan Bayi Lahir Prematur, Bumil Harus Waspada

 Haloo Bund..

Kelahiran prematur  bukan suatu kondisi ideal yang diharapkan oleh ibu hamil. Sebab kelahiran prematur dapat meningkatkan risiko kesehatan bagi bayi yang baru lahir. Sehingga ibu hamil perlu menjaga kehamilan untuk mengurangi risiko bayi lahir prematur. Nah untuk meningkatkan kewaspadaan bunda, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko bayi lahir secara prematur. Kira-kira apa saja ya?

Yuk. kita bahas bund.

1. Gaya Hidup yang Buruk

Gaya hidup yang buruk atau tidak sehat merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan atau meningkatkan risiko bayi lahir prematur. Merokok, minum minuman yang beralkohol, dan kurangnya asupan makanan bergizi selama kehamilan merupakan sesuatu yang harus bunda hindari. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehamilan, bunda perlu beristirahat yang cukup dan rutin berolahraga

2. Komplikasi Kehamilan

Beberapa gangguan yang menyebabkan terjadinya komplikasi kehamilan juga dapat meningkatkan risiko bayi terlahir prematur. Beberapa diantaranya seperti plasenta previa, preeklampsia, diabetes gestasional, hingga infeksi yang diakibatkan oleh bakteri maupun virus. Untuk itu bunda perlu menerapkan pola hidup sehat serta secara rutin memeriksakan kondisi kehamilan.

3. Punya Riwayat Melahirkan Prematur

Riwayat persalinan prematur juga dapat diturunkan dari genetik. Sehingga Ibu hamil yang mempunyai riwayat melahirkan prematur baik pengalaman sebelumnya ataupun dari orang tua, maka risiko terjadinya hal serupa bisa meningkat. Untuk itu bunda yang punya riwayat persalinan prematur sebelumnya dapat meningkatkan kewaspadaan.

4. Stress

Ibu hamil yang mengalami stres, depresi, trauma, yang tidak terkendali selama kehamilan juga berisiko mengalami persalinan prematur. Hal ini diduga karena pada saat bunda stress maka tubuh akan melepaskan hormon pemicu kontraksi terjadi sebelum waktunya, sehingga menyebabkan kontraksi dini. Hal ini membuat risiko persalinan prematur menjadi lebih tinggi.

5. Kurang Melakukan Perawatan Kehamilan dengan Baik

Hal yang tidak kalah pentingnya yang harus diperhatikan ibu hamil adalah perawatan tubuh selama kehamilan. Perawatan keahmilan ini diantaranya adalah menjaga kebersihan organ intim, kebersihan mulut, dll. Salah satu yang terpenting adalah kebersihan organ intim, sebab jika organ intim kurang bersih dan lembab maka dapat memicu datangnya bakteri. Bakteri ini bahkan dapat memicu terjadinya persalinan prematur jika masuk ke rahim.

Nah itu dia bund, beberapa hal yang dapat menyebabkan risiko persalinan prematur menjadi meningkat. Mudah-mudahan kondisi ini tak terjadi pada bunda ya. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *