Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Hal yang Bisa Didengar Janin dari Dalam Kandungan

Haloo Bund!

Saat didalam kandungan janin mulai mengembangkan indera pendengarannya. Sehingga ia mulai bisa mendengar berbagai suara yang ada di sekitarnya. Suara-suara tersebut selain dapat didengar oleh janin, ternyata juga bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya selama di dalam kandungan. Ada beberapa jenis suara yang dapat didengar oleh janin di dalam kandungan. Kira-kira suara apa saja ya yang bisa didengar oleh janin saat berada di dalam kandungan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Suara Organ Tubuh Bunda

Salah satu jenis suara yang dapat didengar oleh janin dari dalam kandungan adalah organ-organ tubuh bunda yang berada di dekat rahim seperti, organ pencernaan, suara detak jantung, aliran darah, serta bunyi perut saat bunda merasa lapar. Hal ini dapat dirasakan oleh janin melalui getaran yang ia rasakan maupun suara yang ia dengar.

2. Suara Bunda

Selain suara organ di dalam tubuh bunda, salah satu suara yang cukup sering didengar oleh janin adalah suara bunda itu sendiri. Itulah mengapa bunda perlu sering-sering mengajak janin berkomunikasi. Selain baik untuk tumbuh kembangnya, suara bunda merupakan suara yang dapat membuatnya merasa lebih tenang dan nyaman.

3. Suara yang Ada di Sekitar Bunda

Selain suara bunda, menurut beberapa penelitian janin juga bisa mendengar suara yang ada disekitar bunda. Misal saat bunda sedang mendengar murottal, lagu lembut, atau saat menonton televisi. Perlu bunda ingat bahwa suara tersebut selain dapat didengar juga bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu, bunda perlu berupaya untuk memperdengarkan suara-suara yang baik pada si kecil.

4. Suara Ultrasound

Saat bunda melakukan pemeriksaan USG , janin di dalam kandungan juga dapat merasakannya lho bund. Sebab pemeriksaan USG ini menimbulkan bunyi yang bisa didengar oleh janin dari dalam kandungan. Menurut beberapa penelitian, efek suara yang ditimbulkan mirip seperti suara kereta bawah tanah saat melewati stasiun. Selain itu saat dokter memperdengarkan suara detak jantung janin ke bunda, janin mungkin juga dapat mendengarnya sehingga detak jantungnya menjadi meningkat.

5. Suara Bising

Salah satu suara yang bisa didengar janin dan bisa membuatnya jadi kurang nyaman adalah suara yang bising. Itulah mengapa sebaiknya bunda perlu menghindari sementara beberapa tempat yang bisa menimbulkan kebisingan seperti tempat konser, bioskop, atau tempat lain yang menimbulkan suara keras dan mengagetkan. Sebab suara keras dan bising dapat mengganggu janin di dalam kandungan, terlebih jika bunda berada di lingkungan tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Nah itu dia bund, beberapa suara yang bisa didengar oleh janin dari dalam kandungan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya bund.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *