Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Hal Menakjubkan yang Terjadi Pada Janin Jika Ibu Hamil Bahagia

Haloo Bund..

Apa Kabarnya Hari ini? Semoga bunda sehat dan bahagia selalu ya selama menjalani kehamilan. Sebab perasaan bahagia sangat penting bunda miliki karena dapat mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan. Memiliki si kecil yang kini masih berada di dalam kandungan saja, merupakan suatu anugerah besar yang patut bunda syukuri. Sehingga sesulit apapun masalah yang sedang bunda hadapi, jangan jadikan alasan itu membuat bunda menjadi stress apalagi depresi ya. Bersedihlah seperlunya kemudian bahagialah kembali, paling tidak demi si kecil yang ada di dalam kandungan. Kira-kira apa ya manfaat yang dapat dirasakan oleh janin di dalam kandungan jika ibu hamil merasa bahagia?

Yuk, kita bahas Bun..

1. Mengoptimalkan Perkembangan Sistem Saraf Janin

Perasaan bahagia dapat membuat bunda menjadi seseorang yang tidak mudah stres. Rasa stress berkepanjangan mesti bunda hindari selama kehamilan. Sebab, perasaan stress dapat memicu hormon  kortisol yang bisa membuat sistem daya tahan tubuh menjadi menurun. Jadi bunda yang merasa bahagia cenderung lebih fit dan bugar sehingga memberikan dampak yang bagus untuk perkembangan janin salah satunya adalah meningkatkan perkembangan sistem saraf si kecil.

2. Mengurangi Risiko Masalah Emosional

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa depresi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko masalah perilaku dan emosional pada anak. Stres yang dialami oleh ibu hamil dapat menghasilkan steroid yang tinggi. Lalu steroid itu dapat diserap oleh janin dan bisa mengakibatkan si kecil akan bersikap ilmpulsif ketika sudah besar. Jadi untuk mencegah dan mengurangi risiko tersebut, bunda harus lebih bahagia ya dan menghindari rasa stress yang berkepanjangan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat hamil, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih rentan, Sehingga dapat membuat mikroba dan kuman dari luar lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut terkadang dapat memberikan efek yang buruk bagi janin. Namun, dengan sering tersenyum dan tertawa, ternyata bisa membantu tubuh tetap kuat dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi penuhi fikiran dengan hal-hal positif yang bisa membuat bunda bahagia ya.

4. Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi yang dialami ibu hamil tentu saja hal berbahaya dan perlu diwaspadai. Sebab, hal ini bisa memicu terjadinya preeklampsia dan menyebabkan berbagai komplikasi kehamilan. Sehingga dengan tetap bahagia dan memenuhi fikiran dengan hal positif, tingkat stres bisa diturunkan dan membantu menjaga tekanan darah bunda selama kehamilan.

Nah itu dia bun, beberapa manfaat perasaan bahagia bagi diri bunda dan janin yang ada di dalam kandungan. Ingat ya bun, bahagia bunda, diri bunda yang tentukan.  Upayakan untuk terus berfikiran positif dan menjauhkan fikiran dari hal-hal yang tidak bermanfaat bagi bunda. Mudah-mudahan bunda dan si kecil sehat-sehat dan bahagia selalu ya.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *