Parenting, Perawatan Bayi

Hal Ini Pengaruhi Rasa ASI yang Buat Bayi Enggan Menyusu!

Hello Parents!

Freepik.com

ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi hingga usianya mencapai 6 bulan. Sehingga bayi dianjurkan untuk mendapatkan ASI untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Namun taukah parents jika Rasa ASI bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu. Hal ini terkadang menjadi salah satu penyebab bayi tidak mau menyusu. Sehingga parents perlu menjaga kualitas dan rasa dari ASI agar kondisi bayi yang menolak menyusu karena rasa ASI yang berubah tidak terjadi. Kira-kira apa saja ya hal yang bisa mempengaruhi rasa dari ASI?

Yuk, kita bahas parents..

1. Hormon

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi rasa ASI adalah perubahan hormon yang terjadi pada tubuh. Perubahan hormon ini umumnya terjadi pada saat bunda sedang mengalami menstruasi atau saat sedang hamil. Meskipun dapat membuat rasa ASI berubah, namun pemberian ASI tetap aman dilakukan jika kondisi fisik dalam keadaan yang sehat dan sudah dikonsultasikan sebelumnya ke dokter.

2. Olahraga yang Terlalu Berat

Aktivitas seperti olahraga yang terlalu berat hingga membuat bunda banyak mengeluarkan keringat dan membuat sangat kelelahan dapat menimbulkan penumpukan asam laktat di dalam tubuh. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi rasa dari ASI. Selain itu, adanya keringat yang tidak dilap dengan baik saat menyusui dapat membuat ASI menjadi lebih asin. Oleh sebab itu, hindari olahraga yang terlalu berat serta pastikan bunda sudah membersihkan keringat sebelum menyusui.

3. Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk yang dimiliki ibu menyusu seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan juga dapat mempengaruhi rasa dari ASI. Oleh sebab itu, bunda perlu berhati-hati mengonsumsi obat-obatan dan segala sesuatu yang dikonsumsi. Jika ingin minum obat, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Selain itu, hindari rokok dan asapnya serta minuman beralkohol.

4. Produk Perawatan Kulit

Beberapa produk perawatan kulit yang digunakan di sekitar area payudara seperti losion, parfum, minyak oles, salep, dan lain-lain juga bisa mempengaruhi rasa ASI. Oleh sebab itu, pastikan jika bunda menggunakan produk perawatan kulit di sekitar area payudara, maka bersihkan terlebih dahulu sebelum menyusui si kecil. Sebab terkadang hal tersebutlah yang mempengaruhi rasa ASI dan membuat bayi enggan menyusu.

5. Mastitis

Mastitis  merupakan suatu infeksi pada payudara yang menyebabkan ASI memiliki rasa yang lebih kuat dan asin. Akibat perubahan rasa ASI yang menjadi lebih tajam dan kuat tersebut, biasanya membuat bayi menjadi enggan untuk menyusu. Jika kondisi ini terjadi pada bunda, maka bunda perlu segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Nah itu dia parents, beberapa hal yang dapat mempengaruhi rasa ASI.

Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Artikel ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *