Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga

Hal-Hal yang Mempengaruhi Bentuk dan Ukuran Perut Ibu Hamil

Haloo Bund..

Salah satu perubahan yang tampak pada ibu hamil selama kehamilan adalah perut yang semakin membesar. Namun perlu diingat, perut yang besar tidak selalu menentukan jika janin di dalam kandungan juga berukuran besar. Lantas mengapa ya ada beberapa ibu hamil yang memiliki bentuk perut yang lebih menonjol atau lebih besar dari ibu hamil lainnya? Kira-kira apa saja ya yang menyebabkan atau mempengaruhi ukuran perut ibu hamil tersebut?

Yuk, kita bahas bund..

1. Tinggi Badan

Bentuk perut ibu hamil juga dapat dipengaruhi oleh tinggi badan ibu hamil itu sendiri. jika bunda memiliki postur tubuh yang tinggi, maka akan memungkinkan lebih banyak ruang bagi janin untuk bertumbuh sehingga ada kemungkinan besar bunda akan memiliki perut yang panjang dan terlihat lebih besar. Sedangkan dari segi bentuk, perut akan lebih tampak melebar ke samping jika postur tubuh ibu hamil lebih pendek.

2. Posisi Janin

Posisi janin juga dapat mempengaruhi bentuk ukuran perut ibu hamil. Jika poisisi janin dalam posisi anterior atau normal maka perut ibu hamil kemungkinan akan cenderung terlihat bulat sempurna dan menonjol. Sedangkan jika posisi janin melintang, maka akan menyebabkan perut ibu hamil terlihat lebih melebar.

3. Cairan Ketuban

Cairan ketuban yang cukup banyak juga dapat mempengaruhi besarnya perut ibu hamil. Perut ibu hamil bisa tampak lebih besar karea diakibartkan terlalu banyaknya cairan ketuban. Sebaliknya, ukuran perut yang kecil juga bisa menjadi salah satu tanda cairan ketuban terlalu sedikit. Untuk memastikan kondisi ini, bunda dapat memeriksakannya ke dokter ya.

4. Berat Badan

Kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan juga dapat menyebabkan perut ibu hamil terlihat lebih besar. Namun, bentuk perut yang besar ini belum tentu menandakan jika janin yang ada di dalam kandungan juga berukuran besar

5. Ukuran Janin

Ukuran janin yang ada di dalam kandungan juga dapat mempengaruhi bentuk benjolan perut saat hamil. Namun Jika ukuran janin terlalu besar, bunda juga perlu waspada. Sebab dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan dan mempersulit ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Untuk itu, pantau selalu ukuran janin agar selalu dalam batas ideal ya

6. Hamil Kembar

Ibu hamil yang mempunyai janin kembar di dalam kandungannya tentu saja membuat perutnya menjadi lebih besar jika dibandingkan ibu hamil yang tidak mengandung bayi kembar. Hal ini dikarenakan adanya otot yang meregang di perut yang membuat benjolan perut bunda terlihat lebih besar.

Nah itu dia bund, beberapa alasan mengapa perut ibu hamil ada yang tampak lebih besar dibandingkan ibu hamil lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya bund.

Sekian.

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *