Kesehatan, Parenting, Perawatan Bayi

Gejala Bayi Kekurangan Zat Besi

Hello Parents..

Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh bayi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Namun seringkali kekurangan zat besi pada bayi sering tidak diketahui oleh orang tua. Padahal hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan perkembangan si kecil. Oleh karena itu, setiap orang tua perlu mengenali atau mengetahui beberapa gejala bayi yang kekurangan zat besi ini. Tanda bayi kekurangan zat besi akan terlihat apabila asupan zat besi yang didapatkan oleh bayi tidak sesuai dengan kebutuhannya. Kira-kiraapa saja ya gejala bayi kekurangan zat besi yang perlu parents ketahui?

Yuk, kita bahas parents..

1. Kulit Terlihat Pucat

Saat tubuh kekurangan zat besi, maka hal pertama yang dapat terlihat adalah kulit akan tampak menjadi lebih pucat. Hal ini dikarenakan saat tubuh kekurangan asupan zat besi, maka kadar hemoglobin dalam sel darah merah akan menurun. Efeknya, kulit dapat kehilangan rona merahnya, sehingga menjadi terlihat lebih pucat. Oleh sebab itu, jika tiba-tiba kulit si kecil tampak lebih pucat parents perlu curiga jika si kecil sedang kekurangan zat besi.

2. Berat Badan Sulit Naik

Saat bayi tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup, maka perkembangan dan pertumbuhan dapat terhambat sehingga berat badannya jadi sulit naik. Sebab, zat besi yang kurang akan memengaruhi jumlah darah di dalam tubuh. Jika kekurangan darah, maka penyerapan nutrisi menjadi tidak maksimal dan mengganggu pertumbuhan bayi. Sehingga berat badan bayi menjadi sulit naik.

3. Terlihat Lelah

Gejala berikutnya yang mungkin dapat terlihat dari bayi yang kekurangan zat besi adalah bayi yang tampak lelah. Kelelahan dapat terjadi karena kurangnya asupan zat besi dapat membuat kadar hemoglobin dalam tubuh menurun. Kondisi ini membuat pasokan oksigen ke seluruh tubuh menjadi terhambat. Sehingga berdampak pada si kecil yang tampak mudah lelah

4. Tangan dan Kaki Dingin

Saat kaki dan tangan bayi terasa dingin, maka hal ini bisa menjadi salah satu tanda jika bayi kekurangan zat besi. Tangan dan kakinya yang terasa dingin ini disebabkan karena oksigen yang tidak terpenuhi. Kurangnya zat besi dalam tubuh bisa membuat penyebaran oksigen di seluruh tubuh tidak merata. Sehingga parents perlu memberikan ASI yang cukup dan segera periksakan ke dokter jika kondisi ini tak kunjung membaik.

Nah itu dia parents beberapa gejala bayi kekurangan zat besi yang perlu parents ketahui. Semoga infomrmasi ini bermanfaat ya parents. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *