Parenting

Ciri-ciri Bayi Cerdas

Hello Parents..

Tentu setiap orang tua berharap sang buah hati dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas. Untuk itu, kecerdasan si kecil bisa parents asah dan dikembangkan sejak ia masih bayi. Selain itu, orang tua juga dapat memperhatikan ciri-ciri kecerdasan yang ditunjukkan oleh si kecil walaupun ia masih bayi. Walaupun kecerdasan ini belum ada ukuran secara pasti karena besifat subyektif. namun kecerdasan yang dimaksud adalah kemampuan untuk berpikir dan belajar lebih baik dan lebih cepat daripada yang lain. Kira-kira apa ya tanda atau ciri-ciri bayi yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata?

Yuk, kita bahas parents..

1. Mencapai Tahapan Perkembangan Lebih Cepat

Seiring bertambahnya usianya bayi akan melewati berbagai fase perkembangannya. Namun setiap fase tersebut terkadang tidak sama antara bayi satu dengan bayi yang lain. Bayi yang mencapai tahapan perkembangan lebih cepat kemungkinan mempunyai kecerdasan diatas rata-rata. namun parents jangan berkecil hati jika perkembangan si kecil tidak lebih cepat dari yang lain, karena hal ini bukanlah standar mutlak. Tetap fokus dan memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia si kecil.

2. Lebih Cepat Bicara

Salah satu tanda bayi cerdas lainnya adalah kemampuan bicaranya yang sangat baik. jika si kecil menunjukkan minat pada kata-kata dan buku saat dibacakan cerita, atau menyusun kalimat sederhana sebelum usia 14 bulan, ini merupakan salah satu ciri-ciri bayi yang cerdas. Beberapa bayi juga dapat dengan mudah mengikuti arahan orang dewasa, misalnya untuk mencapai tempat tertentu di rumah atau memahami instruksi untuk melakukan sesuatu.

3. Fokus

Bayi merupakan makhluk yang sangat mudah teralihkan perhatiannya dan mudah terganggu oleh suara atau gerakan baru yang terjadi di sekitarnya. Mereka mungkin hanya dapat fokus pada kegiatan tertentu paling lama 5-10 menit saja Namun, bayi yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata biasanya mempunyai fokus yg lebih baik.

4. Tanggap dan Peka

Selain tidur, kegiatan utama bayi adalah mengamati dan mempelajari hal-hal yang ada di sekitarnya. Bayi yang cerdas biasanya kerap melakukan kontak mata dengan orang yang memegang atau berbicara dengannya. Ia pun akan dengan tanggap menoleh ke arah seseorang dan segera menanggapi suara atau tindakan di sekitarnya. Terkadang ia pun dapat memahami emosi dari lawan bicaranya seperti saat sedang sedih atau saat sedang marah.

5. Energik

Bayi yang cerdas umumnya punya tingkat energi yang lebih tinggi. Mereka hanya tidur sebentar atau tidak mudah mengantuk. Sebab Otaknya senantiasa berpikir dan bergerak cepat sehingga membuat ia sedikit sulit untuk memjamkan mata. Namun meskipun begitu, parents harus tetap memastikan bayi memiliki waktu tidur yang cukup ya parents, sebab waktu istirahat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Nah itu dia parents, ciri ciri bayi yang cerdas. Ingat setiap bayi memiliki keunikan dan kecerdasannya masing-masing, percayalah setiap bayi itu cerdas, tugas parents hanyalah membersamai dan memberikan stimulasi terbaik sesuai dengan usianya. Bimbinglah ia sampai ia menemukan bakat dan ketertarikannya pada suatu bidang. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *