Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Cemilan Sehari-hari yang Baik bagi Ibu Hamil dan Janin

Haloo Bund..

Saat hamil, ibu hamil memang harus selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi, termasuk cemilan. Sebab apa yang bunda konsumsi juga akan berpengaruh terhadap janin di dalam kandungan. Jenis cemilan memang ada banyak, namun sebaiknya ibu hamil memilih cemilan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kira-kira apa saja ya daftar cemilan sehari-hari yang direkomendasikan bagi ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi ibu hamil dan janin di dalam kandungan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu cemilan sehat bagi ibu hamil karena mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi bunda maupun perkembangan janin. Salah satunya ada kalsium yang terdapat didalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan tulang ibu hamil maupun janin. Selain itu, kandungan probiotik yang terdapat didalamnya dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi selama kehamilan. Bunda dapat mencampurkan yoghurt dengan buah-buahan segar segar atau bisa dicampurkan ke jus buah sesuai dengan selera bunda masing-masing.

2. Cokelat

Siapa diantara bunda yang suka sama cokelat? rasanya hampir tiap kita menyukai jenis cemilan satu ini ya bun? hehe. Mengonsumsi cokelat saat hamil dapat memberi manfaat bagi kesehatan pembuluh darah, sehingga dipercaya dapat membantu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan preeklamsia. Namun sebaiknya bunda memilih jenis cokelat hitam yang lebih sedikit kandungan gulanya dan hindari mengonsumsi cokelat terlalu banyak ya bun

3. Ubi

Kandungan nutrisi dalam ubi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan beta karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. dimana vitamin A sangat penting untuk pembentukan mata, tulang dan kulit janin. Bunda bisa mengolah ubi kedalam berbagai masakan, namun lebih dianjurkan yang dikukus atau direbus saja ya bun hehe

4. Alpukat

Alpukat juga bisa dikonsumsi sebagai cemilan harian untuk membantu pemenuhan akan asam folat selama kehamilan. Selain kandungan folat yang cukup tinggi, alpukat juga mengandung lemak sehat yang berguna untuk mendukung perkembangan otak janin. Bunda bisa mengonsumsi alpukat secara langsung, diolah kedalam jus, atau dioleskan ke roti sesuai dengan selera bunda.

5. Kacang Edamame

Kacang edamame kaya akan kandungan vitamin B, termasuk asam folat. Edamame juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh seperti zat besi, tembaga, zinc, dan magnesium. Bunda dapat menjadikan kacang edamame sebagai cemilan harian dengan merebus dan menaburinya sedikit garam untuk menambahkan rasa.

Nah itu dia bun, beberapa cemilan sehat yang baik dikonsumsi bagi ibu karena kandungannya yang baik bagi kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun. Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *