Parenting, Perawatan Bayi

Cara Merawat Rambut Bayi agar Sehat dan Lebat

Hello Parents..

Siapa yang tidak ingin melihat rambut si kecil dapat tumbuh dengan sehat dan lebat? Rasanya memiliki bayi dengan rambut yang lebat memang menjadi harapan sebagian orang tua ya parents. Meskipun pertumbuhan rambut bayi sebagian besar dipengaruhi oleh genetik orang tuanya dan pertambahan rambut bayi juga secepat orang dewasa, namun ada beberapa cara yang bisa parents lakukan dalam merawat rambut bayi agar rambutnya dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari kerontokan. Kira-kira bagaimana ya cara merawat rambut bayi agar rambutnya sehat dan mengoptimalkan kelebatannya?

Yuk, kita bahas parents..

1. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala Bayi

Bayi yang baru lahir cenderung memiliki kulit kepala yang lebih kering dan mudah kotor. Kondisi itu oleh pengaruh hormon atau akibat terkena berbagai cairan selama berada di dalam kandungan. Oleh sebab itu parents perlu memperhatikan dan menjaga kebersihan kulit kepala bayi jika ingin rambutnya tumbuh sehat dan lebat.  Selain itu, jaga juga agar kulit kepala bayi tidak terlalu kering atau berminyak, sebab rambut bayi akan mudah rontok jika kadar kelembapannya tidak seimbang. Gunakanlah minyak khusus untuk kepala bayi untuk melembapkan kepala bayi yang terlalu kering. Namun jika kepala bayi berminyak, gunakan sampo khusus bayi khusus untuk rambut berminyak.

2. Oleskan Lidah Buaya

Lidah buaya memang sudah dikenal bermanfaat untuk ertumbuhan dan kesehatan rambut. Kandungan yang terdapat dalam gel lidah buaya dapat menguatkan folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut agar lebih lebat dan cepat panjang. Namun sebaiknya parents mulai mengoleskan gel lidah buaya saat bayi sudah berumur lebih dari dua tahun ya.

3. Manfaatkan Madu dan Minyak Zaitun

Bahan alami lainnya yang dapat menjaga kesehata rabut bayi adalah madu dan minyak zaitun. Madu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menumbuhkan rambut, sedangkan minyak zaitun mengandung vitamin E yangn dapat menjaga kulit kepala bayi tetap sehat dan lembap. Balurkan campuran beberapa sendok madu dengan minyak zaitun ke rambut bayi hingga mengenai kulit kepalanya sambil memijatnya dengan lembut, lalu biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Beri Asupan Bernutrisi

Selain perawatan luar, parents juga perlu memperhatikan nutrisi yang membantu perkembangan rambut dari dalam tubuh.  Cara terbaik untuk menyehatkan rambut bayi dari dalam adalah dengan memberikan ASI yang cukup dan berkualitas. Jadi, bunda yang menyusui sangat penting mengonsumsi makanan yang bergizi agar bayi juga dapat mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika sudah mendapatkan MPASI maka pastikan si kecil mendapat makanan yang bergizi seperti telur, ikan, buah, dan sayur untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambutnya.

5. Pilih Shampo yang Tepat

Karena kulit kepala bayi masih sensitif, maka parents harus memilih sampo khusus bayi yang terbaik dan sesuai untuk si Kecil. pilihlah sampo yang berbahan ringan dan tidak menyebabkan pedih di mata. Sampo yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kemiri dan seledri juga sangat baik dan bermanfaat untuk menyehatkan dan melebatkan rambut bayi.

Nah itu dia parents, cara yang dapat dilakukan untuk membuat pertumbuhan rambut bayi yang sehat dan juga lebat. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Sekian.

informasi ini direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *