Parenting, Perawatan Bayi, Tips Parenting

Cara Menyendawakan Bayi yang Benar

Hello Parents..

Saat si kecil sudah selesai menyusu, ada baiknya parents menyendawakannya terlebih dahulu agar perutnya tidak kembung. Sebab, saat ia sedang menyusu terkadang udara dapat tertelan dan masuk ke dalam saluran pencernaan si kecil. Kondisi tersebut dapat menyebabkan bayi gumoh, kembung, hingga rewel. untuk mencegah ahal tersebut, maka ada baiknya parents menyendawakan si kecil setelah ia selesai menyusu. Namun terkadang sebagian orang tua masih kebingungan dan tidak tahu bagaimana caranya menyendawakan bayi. Nah untuk itu, pada edisi kali ini akan kita bahas  cara menyendawakan bayi yang baik dan benar.

Yuk, kita bahas Parents..

1. Posisi Digendong Tegak

Cara pertama yang bisa parents lakukan untuk menyendawakan si kecil adalah dengan cara menggendongnya. Posisikan dagu Si Kecil di atas pundak parents, dan topang badannya dari bawah dengan salah satu tangan. Sedangkan satu tangan lainnya, menggosok dan menepuk punggung bayi secara perlahan dan lembut. Lakukan hal ini sampai si kecil bersendawa.

2. Posisi Duduk

Selain posisi menggendong, parents juga bisa menyendawakan si kecil dengan posisi duduk. Caranya, Dudukkan bayi di atas pangkuan parents. Topang tubuh bayi dengan menyangga dada dan memegang dagunya menggunakan pangkal telapak tangan. Lalu gunakan tangan yang satunya lagi untuk menepuk dan mengusap punggung si kecil secara perlahan. Namun saat melakukannya Jauhkan jari-jari parents dari lehernya karena bisa membuat bayi tidak nyaman dan membuatnya menggeliat.

3. Posisi Tengkurap

Parents juga dapat menyendawakan bayi saat ia dalam posisi tengkurap. Caranya, Baringkan bayi secara tengkurap di atas pangkuan parents dengan posisi yang tepat. Kemudian Sangga dagu dan rahang si kecil menggunakan satu tangan. Pertahankan kepala bayi sedikit lebih tinggi dari bagian tubuh yang lain. Kemudian, Gosok atau tepuk punggung bayi dengan lembut memakai tangan parents yang satunya.

4. Posisi Mendekap

Cara ini mirip seperti cara pertama, Bedanya, parents mendekap bayi di dada sambil mengusap-usap punggung si Kecil untuk mengeluarkan gas dalam perutnya. posisi ini disebut paling nyaman bagi bayi karena memberikan sensasi yang mirip ketika ia masih di dalam kandungan. Sambil menggendong usap-usap kepala dan punggung si kecil, lalu tunggu sampai si kecil sendawa.

Nah itu dia parents, cara menyendawakan bayi yang baik dan benar. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *