Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin, Persiapan Melahirkan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Cara Meningkatkan Berat Badan Janin di Dalam Kandungan

Haloo Bund..

Salah satu hal yang harus dipantau ibu hamil selama kehamilan adalah berat badan janin di dalam kandungan. Usahakan berat badan janin berada dalam batas normal sesuai dengan usianya untuk menghindari risiko kesehatan yang bisa membahayakan si kecil. Berat badan janin dapat diketahui saat bunda melakukan pemeriksaan kehamilan, jadi sebaiknya bunda rutin ya melakukan pemeriksaan kehamilan agar dapat memantau berat badan si kecil. Nah bagi bunda yang ingin meningkatkan berat badan janin, ada beberapa cara yang bisa bunda upayakan. Kira-kira apa saja ya cara meningkatkan berat janin di dalam kandungan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Tingkatkan Asupan Kalori

Cara ini merupakan salah satu alternatif terbaik yang bisa bunda lakukan untuk menaikkan berat janin dalam kandungan. Namun, Asupan kalori yang dimaksud bukan dari makanan instan atau junk food, ya, bund. Saat hamil bunda membutuhkan kalori ekstra untuk mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan. Oleh sebab itu, bunda dapat memperbanyak asupan makanan dengan gizi yang seimbang. Bunda juga perlu tahu porsi makan harian yang tepat. Ibu hamil dianjurkan makan dengan porsi kecil tapi sering, dengan jadwal 3 kali makan utama dan 3 kali selingan.

2. Konsumsi Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal adalah vitamin khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Vitamin prenatal umumnya mengandung tiga zat penting, seperti asam folat, kalsium dan zat besi. Semua zat tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan membantu mengoptimalkan perkembangan janin. Namun Sebelum mengonsuminya, sebaiknya bunda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan jenis dan dosis vitamin yang tepat sesuai dengan kondisi bunda.

3. Konsumsi Susu Ibu Hamil

Susu ibu hamil merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Apalagi jika bunda memiliki program untuk meningkatkan berat badan janin, sebaiknya bunda juga mengonsumsi susu khusus ibu hamil. Sebab kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi untuk bunda dan juga janin. Terlebih kini susu ibu hamil telah tersedia dalam banyak pilihan dan varian rasa, yang tentunya sehat juga enak untuk dikonsumsi. Sebaiknya konsultasikan juga ke dokter terkait pilihan susu yang tepat sesuai dengan kondisi bunda.

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Selain melakukan hal-hal yang baik, bunda juga perlu menghindari beberapa kebiasaan buruk saat hamil seperti merokok atau minum minuman beralkohol karena dapat menghambat perkembangan janin dan membuat berat badannya di bawah normal. Selain itu, hindari juga kebiasaan buruk lain seperti malas atau menunda makan. Karena ingat bun, ada si kecil yang harus bunda perhatikan kecukupan nutrisinya. Nah itu dia bund, Beberapa cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk meningkatkan berat badan janin di dalam kandungan. Mudah-mudahan bunda dan si kecil selalu diberikan kesehatan dan kelancaran selama proses kehamilan ya. Semoga informasi ini bermanfaat bund. Sekian.

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *