Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Cara Menghitung Gerakan Janin, Waspadai Gerakan Janin Tak Normal

Haloo Bund..

Salah satu momen yang membahagiakan selama kehamilan adalah saat bunda dapat merasakan gerakan dari janin. Selain itu, kesehatan janin dapat diamati salah satunya dengan gerakan yang ia lakukan selama  di dalam kandungan. Seiring bertambahnya usia kehamilan, gerakan yang dilakukan janin mungkin akan lebih mudah dan sering bunda rasakan. Tentu rasanya senang dapat merasakan gerakan yang dilakukan oleh si kecil. namun seringkali timbul pertanyaan, apakah gerakan janin yang dilakukan janin sudah normal? Kira-kira bagaimana ya caranya untuk menghitung tendangan atau gerakan yang dilakukan oleh si kecil? untuk itu, bunda perlu mengetahui cara menghitung gerakan janin yang sehat

Yuk, kita bahas bun..

1. Cari Posisi yang Nyaman

Langkah pertama, bunda harus menentukan dan mencari posisi yang aman untuk menghitung gerakan janin. Beberapa ibu hamil memilih duduk dengan tangan memegang perut mereka. Sementara itu, ada juga yang memilih berbaring pada sisi kiri mereka. Posisi berbaring ke kiri ini baik untuk sirkulasi darah dan dapat membuat janin lebih aktif.

2. Hitung Gerakan Menendang

Cara menghitung gerakan janin adalah dengan menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk merasakan 10 tendangan atau gerakan-gerakan lainnya. Idealnya, gerakan janin disebut normal apabila bunda dapat merasakan paling tidak 10 gerakan dalam 2 jam. Namun, jika janin bergerak cukup aktif, bunda bisa saja merasakan 10 gerakan dalam waktu kurang dari 2 jam.

3. Catat Jika Diperlukan

Untuk mempermudah bunda dalam menghitung dan mencatat gerakan janin, bunda bisa melakukan langkah-langkah berikut: Pertama, Buat daftar dari gerakan kesatu hingga kesepuluh yang bisa bunda beri tanda centang, lalu Catat waktu saat bunda merasakan gerakan janin yang pertama, setelah itu, Centang untuk setiap gerakan yang bunda rasakan dari gerakan 1 hingga mencapai 10. lalu lihatlah berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai gerakan yang ke-10.

4. Tentukan Polanya

Pada beberapa minggu awal, bunda mungkin merasakan kesulitan untuk membedakan gerakannya. Namun jangan panik, seiring berjalannya waktu, bunda akan mulai terbiasa dan bisa mengenali polanya. Bunda akan mulai mengenal siklus tidur dan terbangun si kecil, hingga hal yang dapat memicu aktivitas si kecil di dalam kandungan.

Kapan Harus Waspada?

Jika tidak terasa 10 gerakan dalam waktu 2 jam, coba bangunkan janin kemudian ulangi perhitungan. Segera periksakan ke dokter kandungan bila bunda masih tidak bisa merasakan gerakannya atau jika bunda menemukan perubahan pola gerakan janin yang signifikan.

Nah itu dia bun, beberapa langkah untuk menghitung gerakan janin yang sehat. Mudah-mudahan bunda dan si kecil selalu diberikan kesehatan ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian,

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *