Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin, Trimester Ketiga

Cara Mengatasi Posisi Bayi Sungsang Secara Alami

Haloo Bund!

Posisi bayi sungsang bisa terjadi pada setiap ibu hamil. Kondisi ini umumnya diketahui saat sudah mendekati persalinan. Bagi ibu hamil yang berencana melahirkan secara normal, tentu posisi bayi sungsang ini merupakan hal yang ingin dihindari. Sebab posisi ini dapat membuat persalinan secara normal menjadi lebih sulit dan beresiko. Nah saat sudah mendekati persalinan namun posisi bayi masih sungsang, ada sejumlah cara yang bisa ibu hamil lakukan sebagai bentuk ikhtiar untuk mengubah posisi bayi sungsang ini. Kira-kira apa saja ya cara membantu mengatasi posisi bayi sungsang secara alami yang bisa dilakukan ibu hamil?

Yuk, kita bahas bund..

1. Yoga atau Senam Hamil

Yoga atau Senam hamil memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan fisik maupun mental ibu hamil. Rutin melakukan olahraga ringan seperti yoga dan senam hamil dapat membantu ibu hamil dalam menghadapi persalinan dengan lebih lancar. Ada juga gerakan tertentu dalam yoga atau senam hamil yang bisa ibu hamil lakukan secara rutin untuk membantu janin berputar dan mengatasi posisi bayi sungsang. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal bunda bisa mengikuti kelas ibu hamil dan mendapatkan bimbingan langsung dari tenaga profesional.

2. Posisi Bersujud

Salah satu cara yang paling populer dan relatif aman untuk membantu mengubah posisi bayi sungsang adalah dengan memperbanyak posisi bersujud. Saat melakukannya, bernafaslah secara perlahan dan dalam agar tidak terjadi ketegangan pada otot. Bagi bunda yang beragama islam, bunda bisa sedikit memperpanjang waktu sujud saat sedang shalat sambil berdo’a agar posisi janin dapat berputar hingga ia berada dalam posisi yang ideal. Posisi ini dapat memberi ruang lebih luas pada janin sehingga membuatnya lebih mudah untuk berputar.

3. Berjalan Kaki

Aktivitas lainnya yang dapat membantu mengatasi posisi bayi sungsang adalah berjalan kaki. Sempatkanlah berjalan sekitar 10-20 menit setiap harinya, lebih baik lagi jika bunda lakukan di pagi hari untuk mendapatkan manfaat vitamin D alami dari paparan sinar matahari pagi. Olahraga ringan ini dapat membantu janin untuk bergerak menemukan posisi yang tepat jelang persalinan. Selain itu, kegiatan ini juga baik dalam menguatkan otot panggul sehingga bermanfaat dalam melancarkan persalinan.

4. Posisi Berbaring

Selanjutnya bunda juga bisa mencoba mengatasi bayi sungsang dengan cara berbaring. Caranya cukup mudah, berbaringlah di atas matras atau karpet lalu letakkan sebuah bantal di bawah pinggul agar posisi perut berada lebih tinggi dari kepala. Atur posisi bunda senyaman mungkin. Apabila sudah mendapatkan posisi yang nyaman, tarik napas secara dalam dan perlahan. Rilekskan tubuh dan tahan posisi ini sekitar 10-15 menit. Agar lebih efektif, bunda dapat melakukan gerakan ini setidaknya 3 kali sehari terutama saat janin sedang aktif.

5. Stimulasi Suara

Cara alami lainnya yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi posisi bayi sungsang adalah dengan memberikan stimulasi suara. Bunda bisa meminta bantuan suami untuk berbicara dengan janin. Pastikan suami berbicara dekat dengan bagian bawah rahim atau perut. Hal tersebut dapat membantu kepala janin turun kebawah untuk mendekati sumber suara tersebut. Meski tidak menjamin 100%, namun tidak ada salahnya dicoba, karena dapat meperkuat ikatan antara bunda, ayah, dan si kecil.

Nah itu dia bund, beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mengatasi posisi bayi sungsang. Semoga informasi ini bermanfaat ya bund.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *