Parenting, Perawatan Bayi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Hello Parents!

Saat anak atau bayi mengalami hidung tersumbat tentu membuat mereka merasa tidak nyaman dan terganggu. Kondisi ini bisa menjadi masalah tersendiri sehingga perlu ditangani dengan baik. Kondisi hidung tersumbat ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti flu, sakit tenggorokan, dan lain-lain. Nah jika kondisi hidung tersumbat ini terjadi pada si kecil, maka parents jangan panik dahulu, sebab ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Kira-kira apa saja ya cara mengatasi hidung tersumbat pada anak?

Yuk, kita bahas parents..

1. Gunakan Minyak Kayu Putih

Saat hidung anak tersumbat, parents bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk membantu melegakan pernafasannya. Parents bisa mengoleskan minyak kayu putih di sekitar hidung, punggung, dan dada si kecil. Aroma dari minyak kayu putih tersebut dapat membantu menghangatkan dan melegakan hidung yang tersumbat. Sehingga si kecil lebih mudah untuk tertidur. Sebab tidur merupakan salah satu kunci agar si kecil cepat sembuh.

2. Penuhi Kebutuhan Cairannya

Saat hidung anak tersumbat, maka pastikan kebutuhan cairan si kecil dapat terpenuhi. Sebab kekurangan cairan dapat membuat kondisi hidung tersumbat tambah parah dan semakin lama sembuh. Jadi jika anak masih menyusu, pastikan ia cukup sering menyusu untuk mencukupi kebutuhan cairannya. Saat ia terhidrasi dengan baik, maka proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat dan mengurangi hidungnya yang tersumbat.

3. Menghirup Uap

Memanfaatkan uap untuk dihirup si kecil merupakan salah satu cara untuk mengurangi hidungnya yang tersumbat. Sebab uap dapat membantu mengencerkan lendir sehingga membuat pernafasan anak menjadi lebih lega. Parents bisa menempatkan air panas di sebuah wadah berupa ember atau mangkok, lalu dekatkan pada si kecil agar ia dapat menghirup uapnya.

4. Tidur yang Cukup

Nah salah satu cara agar si kecil cepat pulih dan mengurangi hidungnya yang tersumbat adalah dengan tidur yang cukup. Namun perhatikan posisi si kecil saat tidur. untuk membantunya mengurangi hidung yang tersumbat, posisikan kepalanya lebih tinggi dari tubuhnya. Namun jika anak masih sangat kecil atau bayi, hindari menggunakan bantal yang terlalu tinggi karena bisa membahayakan keselamatannya.

5. Konsultasikan ke Dokter

Jika permasalahan ini berlangsung lama padahal sudah dilakukan perawatan sederhana di rumah, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengatasi hal ini. Selain itu, jika diiringi gejala lain seperti demam atau anak yang merasa lesu atau pusing maka sebaiknya parents juga perlu memeriksakan anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Nah itu dia parents, beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada anak.

Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *