Parenting, Perawatan Bayi

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Hello parents..

Ketika bayi atau balita mengalami cegukan, parents tidak perlu khawatir karena itu adalah hal yang normal dan tidak berbahaya selama dalam frekuensi dan durasi yang normal dan tanpa dibarengi gejala apapun seperti yang sudah dibahas di video sebelumnya. Tapi ketika cegukan yang dialaminya membuat si kecil dan parents mulai merasa tidak nyaman dan parents mengkhawatirkannya maka sebaiknya parents mencari tau bagaimana cara mengatasinya dengan baik dan benar. Meskipun cegukan dapat berhenti dengan sendirinya tanpa bantuan apapun, tapi parents bisa mengatasinya karena khawatir cegukan akan berlangsung lama.

Parents penasaran bagaimana cara mengatasinya?

Yuk langsung kita bahas aja parents

1. Perbaiki posisi menyusui

Salah satu penyebab si kecil cegukan ialah masuknya udara saat si kecil sedang menyusu. Untuk menghindari hal itu terjadi, coba cek posisi menyusui bunda apakah posisi tersebut sudah tepat atau belum. Posisi menyusui yang tepat ialah saat puting dan areola masuk ke mulut bayi dan perut bayi berhadapan langsung dengan perut bunda. Jika posisi menyusui sudah tepat diharapkan udara tidak masuk lagi ke mulut ketika si kecil menyusu.

2. Berikan si kecil ASI atau susu dan tunggu ia sampai bersendawa

Memberikan ASI atau susu pada bayi bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi cegukan yang sedang dialaminya. Gerakan menyusu si kecil dapat membantu diafragmanya menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukannya. Setelah si kecil minum ASI atau susu parents bisa menunggunya sampai ia bersendawa untuk meberikan ruang bagi udara yang terjebak di dalam perutnya. Udara tersebutlah yang juga menyebabkan ia mengalami cegukan

3. Letakkan bayi di tempat yang hangat

Cara lainnya untuk mengatasi bayi yang cegukan ialah meletakkannya di tempat yang hangat. Hal ini dikarenakan  cegukan yang dialami si kecil  dapat disebabkan oleh temperatur yang berubah menjadi dingin.

4. Peluk si kecil

Ketika si kecil sedang cegukan, memberikannya pelukan ialah cara yang baik untuk mengatasinya lho parents. Memeluk si kecil dapat memberikan ketenangan untuknya saat tubuhnya mengalami cegukan yang tentu membuatnya tidak nyaman. Biasanya dalam beberapa menit cegukan akan hilang.

Nah itu dia parents beberapa cara untuk mengatasi si kecil yang sedang cegukan. Nah untuk cara lainnya ketika parents konsultasi ke dokter anak parents bisa tanyakan cara apa saja yang bisa membantu si kecil mengatasi cegukan. Jika si kecil cegukan dibarengi dengan muntah segera periksakan ke dokter ya parents karena hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa ia mengalami masalah pada pencernannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *