Parenting, Perawatan Bayi, Tips Parenting

Cara Mencegah Bayi Menjadi Anak yang Pemilih Makanan

Hello Parents..

Bagi sebagian orang tua, waktu makan adalah waktu yang menegangkan karena harus berdebat dan penuh drama saat menyuapi makanan pada si kecil. Tentu kondisi ini sangat tidak diharapkan ya. Karena apabila kondisi ini terus berlanjut tentu dapat meningkatkan risiko bayi tumbuh dengan kekurangan nutrisi. Disamping itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan si kecil menjadi anak yang pemilih makanan yaitu hanya mau mengonsumsi makanan yang ia sukai saja. Oleh karena itu, parents perlu menciptakan suasana dan pola makan yang benar pada si kecil. Lalu bagaimana ya caranya untuk mencegah si kecil tumbuh menjadi anak yang pemilih makanan?

Yuk, kita bahas parents..

1. Jangan Memaksa

Sikap memaksa dapat menjadikan anak takut pada saat datangnya waktu makan. Hindari memarahi anak dengan menggunakan kata-kata yang menekan atau mengiming-imingi hadiah agar anak mau makan. Parents hanya perlu mengarahkan anak dan menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat ia makan. Jika perlu parents bisa makan bersama si kecil untuk membuat ia semakin bertambah semangat untuk makan.

2. Tawarkan makanan yang bervariasi

Saat si kecil sudah menyukai suatu makanan, biasanya agar ia lebih mudah makan orang tua akan memberikan makanan yang sama dalam beberapa hari. Namun hal ini perlu parents hindari, sebab kebiasaan ini dapat membuat si kecil menjadi pemilih makanan. Cobalah variasikan makanan yang diberikan pada si kecil untuk memperkenalkannya tekstur dan rasa makanan yang baru setiap harinya.

3. Ajak Bermain

Bayi adalah makhluk yang senang bermain. Pada saat seorang anak masih belajar makan, makanan bisa menjadi ‘mainan’ yang membuatnya penasaran. Jadi sesekali sebelum menyuapi si kecil, Biarkan ia merasakan teksturnya, bau, warna, ukuran, hingga suhunya. Pada kondisi ini parents memang perlu sedikit melapangkan hati karena pasti akan membuat berantakan. Namun jangan khawatir, sebab berantakan dapat dibereskan namun kesenangan dan kegembiraan si kecil tak ternilai harganya.

4. Jangan Menyerah Memperkenalkan Makanan Baru

Saat parents memperkenalkan makanan baru pada si ekcil, mungkin si kecil tidak menyukai suatu makanan pada percobaan pertama, jangan khawatir parents. Teruslah mencoba. Sangat normal bagi seorang anak menolak makanan saat pertama ia pertama kali mencobanya. Faktanya, perlu 10-20 kali menawarkan makanan dan memerhatikannya sebelum anak mau mencoba suatu makanan baru.  Jangan menyerah dan terus perkenalkan makanan tersbeut padanya. Tetapi, jangan memaksa si Kecil untuk memakannya. Biarkan ia mencobanya saat ia siap dan mau memakannya. Nah itu dia parents, beberapa cara untuk mencegah si kecil menjadi anak yang picky eater atau pemilih makanan. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents. Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *