Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Cara Membuat Janin di Dalam Kandungan Merasa Bahagia, Yuk Lakukan Bund!

Haloo Bund..

Kehamilan merupakan salah satu momen yang spesial dalam kehidupan seorang bunda. Sebab ada begitu banyak cerita tentang pengorbanan, keseruan, hingga momen lucu dan unik yang terjadi selama kehamilan. Selain itu, ikatan antara bunda dan juga janin juga sudah mulai terbentuk sejak masa kehamilan. Tak heran, bayi yang baru lahir dapat mengenali dan nyaman berada di pelukan bunda begitu ia terlahir ke dunia. Sehingga bunda memang harus betul-betul menikmati dan memaknai setiap momen di masa kehamilan ini. Perasaan bahagia itu sangat penting, sebab perasaan bahagia dapat membuat kita menjadi lebih semangat dan lebih sehat. Begitu pula dengan janin di dalam kandungan, jika janin merasa bahagia tentu tumbuh kembangnya bisa menjadi lebih optimal. Sehingga bunda perlu mengupayakan kebahagiaan janin di dalam kandungan. Sebenarnya nggak sulit kok bun untuk membuat janin bahagia, sebab bahagia bunda sejatinya adalah kebahagiaan bagi si kecil. Kira-kira apa saja ya cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk membuat janin di dalam kandungan merasa bahagia?

Yuk, kita bahas bund..

1. Banyak Tertawa dan Sedikit Menangis

Karena kuatnya ikatan antara bunda dan si kecil, maka janin juga dapat merasakan apa yang sedang bunda rasakan, tidak hanya makanan yang bunda konsumsi, melainkan perasaan batin bunda. Jika selama kehamilan bunda banyak tersenyum dan tertawa karena bahagia maka janin juga dapat ikut merasakannya. Penelitian juga mengungkapkan bahwa tertawa baik bagi kesehatan bunda karena dapat mebantu menurunkan tekanan darah dan bahkan menurunkan risiko kelainan pada jantung. Namun bukan berarti bunda tidak boleh bersedih dan menangis, bersedih itu normal bun, tapi secukupnya saja ya. Kesedihan yang berlebihan bisa mengakibatkan bunda menjadi stress dan bahkan depresi. Kondisi ini diketahui bisa memberikan efek buruk bagi janin. Jadi, Ciptakanlah suasana kehamilan yang bahagia ya bun. Semakin bunda bahagia, maka janin pun akan ikut sehat dan bahagia.

2. Rutin Mengusap Perut

Reseptor sentuhan janin mulai berkembang sekitar usianya mencapai minggu ke-8 dan sekitar minggu ke-20 janin sudah cukup besar untuk merasakan sentuhan dari luar. Sehingga saat bunda menyentuh perut dengan lembut dan penuh cinta maka janin dapat merasakannya dari dalam kandungan. Sentuhan lembut dari bunda ini dapat membuat janin merasa tenang dan bahagia. Selain mengusap-usap, bunda juga bisa sedikit memijatnya perlahan dengan menggunakan minyak zaitun atau pelembap. Lakukan secara rutin untuk membuat ikatan bunda dan si kecil menjadi lebih kuat. Namun mengusap perutnya juga jangan dilakukan secara berlebihan ya bun, lakukan secukupnya agar tidak mengganggu janin saat ia sedang beristirahat.

3. Mengajak Janin Berinteraksi

Saat mengusap perut, bunda juga bisa mengajak si kecil berkomunikasi. Janin dalam kandungan mulai bisa mendengar suara bunda maupun ayaj setelah ia berusia 16 minggu. Saat memasuki usia 23 minggu, janin sudah bisa menanggapi setiap suara yang didengarnya dengan bergerak lebih aktif di dalam rahim, seperti menendang dan membuka mulutnya. Dan suara bunda merupakan salah satu suara favoritnya loh bun hihi. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa peran bunda dan ayah dalam mengajak bicara janin selama di kandungan sangat besar terhadap tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu, sempatkan ya bun untuk mengajak si kecil berbicara.

4. Makanan Manis

Janin mulai bisa membedakan rasa pada minggu 13-15 kehamilan. Janin dapat mendeteksi rasa makanan di dalam kandungan melalui air ketuban. Karena itu, penting bagi bunda untuk mengonsumsi makanan sehat dan disukai oleh janin. Salah satu makanan manis yang disukai oleh banyak orang adalah cokelat. Cokelat juga dapat membuat mood atau perasaan menjadi lebih baik. Namun sebaiknya ibu hamil memilih jenis cokelat dark yang lebih sedikit kandungan gulanya. Selain itu, meskipun janin menyukai makanan manis, sebaiknya bunda membatasi mengonsumsi makanan manis seperti cokelat ya bun. sebab jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu naiknya gula darah yang bisa memicu diabetes gestasional. Bunda juga bisa menjadikan potongan buah sebagai makanan manis alami.

5. Olahraga Teratur

Menjaga diri tetap sehat dan fit selama kehamilan merupakan salah satu hal terbaik yang dapat bunda lakukan bagi janin di dalam kandungan. Meskipun saat awal kehamilan bunda akan merasakan beberapa ketidaknyamanan dan juga morning sickness tapi bunda disarankan tetap aktif bergerak agar badan terasa lebih segar dan fit. Dengan berolahraga, tubuh akan melepaskan lebih banyak zat serotonin dan endorfin, sehingga suasana hati akan membaik dan bunda jadi lebih semangat dan bahagia. seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika bunda bahagia tentu janinpun akan ikut merasakan hal yang sama. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat mempermudah proses persalinan nantinya. Namun perhatikan dan pilih olahraga yang ringan dan aman untuk bunda lakukan ya. Konsultasikan sebelumnya ke dokter jenis olahraga apa saja yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kehamilan bunda.

6. Mandi Air Hangat

Saat usia janin sudah cukup besar, maka ia pun sudah dapat mengenali perubahan suhu. Mandi air hangat dapat membuat janin merasa nyaman dan tenang. Suara air yang mengalir juga dapat meningkatkan kesehatan janin. Meski demikian, saat mandi air hangat ada dua hal yang perlu bunda perhatikan. Yang pertama adalah pastikan suhu air yang bunda gunakan untuk mandi tidak terlalu panas. Yang kedua adalah pastikan durasi mandinya tidak terlalu lama, cukup 10-15 menit saja. Selain itu pastikan kemanan dan kebersihan area sekitar kamar mandi ya bun.

Nah itu dia bun, beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk membuat janin di dalam kandungan merasa bahagia. Semoga bunda dan si kecil selalu diselimuti oleh perasaan bahagia dan penuh syukur sepanjang hari ya bun. Selamat menikmati proses dan fase kehamilan bun, semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian.

Informasi ini telah direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *