Parenting, Tips Parenting

Cara Membuat Bayi Lebih Ekspresif dan Periang

Hello Parents..

Bayi memang merupakan makhluk mungil dan sangat menggemaskan. Terlebih saat usianya yang semakin membesar, bayi sudah dapat mengeluarkan berbagai ekskpresi lucu sehingga dapat membuat gemas setiap orang yang melihatnya. Biasanya saat usianya mencapai 4 bulan, bayi sudah bisa mengikuti benda bergerak, tersenyum, dan menirukan ekspresi yang kita lakukan. Namun jika bayi terligat murung dan kurang ekspresif, parents jangan khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa parents lakukan agar bayi menjadi lebih ekspresif dan periang. Kira-kira apa saja ya cara membuat bayi menjadi lebih ekspresif dan periang?

Yuk kita bahas parents..

1. Sering Ajak Bicara

Untuk membuat bayi menjadi lebih ekspresif, parents perlu lebih banyak mengajaknya berkomunikasi. sebab Bayi bisa mengetahui emosi melalui nada suara. Oleh sebab itu, saat mengajaknya berbicara, gunakanlah nada suara gembira agar si Kecil ikut bahagia. Saat berbicara dengan si kecil, bicaralah pelan-pelan sambil melakukan kontak mata dengan bayi agar ia bisa konsentrasi dan mengikuti ekspresi yang parents tunjukkan. Selain itu, parents juga dapat mengenalkan bayi pada objek benda yang bergerak.

2. Jauhkan dari TV atau Gadget

Gadget memang merupakan cara ampuh untuk membuat si kecil menjadi tenang untuk sementara, namun demi kebaikan perkembangan emosionalnya sebaiknya parents menghindari pemberian gadget pada bayi. Sebab bayi dapat terlihat murung diakibatkan kurangnya komunikasi yang ia lakukan dengan orang-orang disekitarnya. Oleh sebab itu, sementara batasi atau hindari alat-alat elektorinik seperti TV atau gadget untuk mengoptimalkan interaksinya dengan lungkungannya.

3. Ajarkan Berinteraksi dengan Orang Lain

Memasuki usia empat bulan, bayi mulai dapat mengoceh ketika diajak berbicara dan memberi respon dari interaksi orang-orang di sekitarnya. Jadi, lebih banyak orang yang diajak interaksi dengan si Kecil, maka bayi bisa lebih menirukan interaksi dan suara yang didengar. Namun meskipun begitu, selalu awasi si kecil saat berkomunikasi dengan orang lain, dan dimasa pandemi ini sebaiknya hindari membawa si kecil di tengah keramaian.

4. Mendongeng Sebelum Tidur

Membacakan cerita sebelum tidur juga dapat membuat bayi menjadi lebih ekspresif. Namun saat membacakan dongeng gunakanlah nada nada yang unik dan menarik yang bisa membuat bayi menjadi lebih penasaran. Sebab nada-nada suara yang bunda gunakan akan diamati dan dapat ditiru oleh si kecil. selain gunakan nada yang menarik, gunakan juga ekspresi-ekspresi wajah sesuai dengan cerita yang parents bacakan. Dengan begitu bayi akan lebih cepat mengenal berbagai ekspresi dari apa yang parents contohkan.

Nah itu dia parents, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat bayi menjadi lebih ekspresif dan periang. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *