Persiapan Melahirkan

Cara Memancing Kontraksi Persalinan Secara Alami

Haloo Bund..

Saat sudah memasuki hari perkiraan lahir namun bunda belum mengalami tanda-tanda persalinan tentu rasanya bikin khawatir ya bund. Untuk itu bunda perlu melakukan beberapa upaya agar kontraksi persalinan segera datang dan bunda dapat segera melahirkan. Tentu hal ini dilakukan apabila sudah mendekati atau memasuki hari perkiraan lahir saat usia janin sudah cukup lahir. Lalu apa saja ya yang bisa dilakukan ibu hamil untuk memancing datangnya kontraksi persalinan secara alami?

Yuk, kita bahas bund..

1. Makan Kurma

Salah satu cara alami yang bisa bunda lakukan untuk memancing kontraksi secara alami adalah dengan mengonsumsi buah kurma. Makan buah kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan bisa meningkatkan pematangan serviks dan membantu pelebaran serviks pada awal persalinan. Selain itu buah kering satu ini bisa meningkatkan stamina bunda yang dibutuhkan saat persalinan nanti.

2. Stimulasi Puting

Merangsang puting saat mendekati persalinan dapat menyebabkan rahim berkontraksi. Stimulasi puting merangsang produksi oksitosin. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan rahim berkontraksi dan payudara mengeluarkan ASI. Hal ini juga bermanfaat untuk persiapan menyusui saat si kecil terlahir nanti.

3. Menggunakan Gym Ball

Cara memancing kontraksi agar cepat melahirkan selanjutnya adalah menggunakan gym ball atau bola persalinan. bunda dapat duduk dan sedikit menggoyangkan pinggul diatas bola persalinan. Namun saat melakukannya usahakan bunda ditemani oleh orang lain untuk membantu bunda atau berpegangan pada sesuatu. Hal ini diyakini dapat membantu datangnya kontraksi secara alami.

4. Pijat Halus

Sebuah penilitian menunjukkan jika pijatan halus dapat meningkatkan kadar oksitosin tubuh bunda, hormon ini mampu membantu mempercepat datangnya kontraksi persalinan. Mintalah pasangan untuk rutin melakukan pijat halus ke bunda, namun hindari memijat terlalu keras dan memijat di area perut ya.

5. Berhubungan Badan

Berhubungan badan merupakan salah satu cara alami untuk memancing datangnya kontraksi persalinan. Saat berhubungan intim, hormon-hormon dalam tubuh ibu hamil yang merangsang persalinan dapat meningkat. Produksi hormon oksitosin yang meningkat saat orgasme dapat menyebabkan kontraksi pada ibu hamil. Kontraksi ini kemudian dapat memicu ibu hamil untuk bersalin.

6. Perbanyak Jalan Kaki
Cara alami lainnya yang bisa bunda lakukan untuk mempercepat datangnya kontraksi asli adalah memperbanyak jalan kaki. Cara ini cukup aman dan mudah dilakukan. Selain baik bagi kesehatan tubuh bunda, Aktif berjalan kaki dapat merangsang janin turun lebih cepat ke jalan lahir. Aktifitas sederhana ini juga dapat memperkuat otot dan melancarkan sirkulasi darah sehingga membantu tubuh bunda menjadi lebih bugar. Namun sesuaikan waktunya dengan kemampuan tubuh bunda masing-masing ya, hindari membuat tubuh menjadi terlalu kelelahan. Bunda disarankan berjalan kaki selama 10-30 menit setiap pagi atau sore secara rutin

Nah itu dia bun, beberapa cara alami untuk mempercepat datangnya kontraksi persalinan. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun. Sekian

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *