Perawatan Bayi

Cara Cepat Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Hello Parents!

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh orang tua dalam merawat kulit bayi adalah bentol-bentol yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Meski sebagian besar tidak membahayakan, namun gigitan nyamuk tersebut dapat menimbulkan bentol dan rasa gatal pada kulit si kecil, sehingga membuat bayi menjadi kurang nyaman. Bekas gigitan nyamuk tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa cara yang bisa parents lakukan untuk mempercepat hilangnya bekas gigitan nyamuk pada kulit si kecil.

 Kira-kira bagaimana ya?

1. Oleskan Salep

Salep atau obat gatal oles khusus bayi dapat berfungsi untuk membantu meredakan rasa gatal dan mempercepat hilangnya bekas gigitan nyamuk. Namun parents tidak boleh asal menggunakan salep pada kulit bayi. Sebab bayi memiliki kulit yang jauh lebih sensitif dari orang dewasa. Pilihlah salep yang memang dikhususkan untuk bayi dan aman digunakan pada kulit si kecil.

2. Manfaatkan Lidah Buaya

Selain salep, parents juga bisa memanfaatkan bahan alami yang bisa membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Salah satu bahan alami yang bisa parents gunakan adalah lidah buaya. Caranyapun relatif mudah, cukup oleskan gel atau cairan lidah buaya pada bekas gigitan nyamuk tersebut. Cara ini cukup efektif karena lidah buaya mempunyai sifat anti radang yang bisa mengurangi rasa gatal dan membantu menyembuhkan luka ringan.

3. Kompres dengan Air Dingin

Jika parents tidak mempunyai salep atau gel lidah buaya di rumah, parents juga bisa membantu mempercepat hilangnya bekas gigitan nyamuk dengan cara mengompres kulitnya dengan air dingin. Efek dingin ini dapat membantu mempercepat hilangnya bentol yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Namun karena kulit bayi yang sangat sensitif, gunakanlah kain bersih dan lembut saat mengompresnya, serta hindari mengompresnya terlalu lama karena dapat membuat bayi kurang nyaman.

4. Oleskan Madu

Selain mempunyai rasa yang manis dan bermanfaat bagi tubuh, madu juga memiliki manfaat lain karena mempunyai kandungan anti radang serta anti bakteri yang bersifat menyembuhkan. Walaupun bayi dibawah 1 tahun belum dianjurkan untuk mengonsumsi madu, namun parents dapat memanfaatkan madu untuk membantu mempercepat hilangnya bentol dan mengilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk pada kulit si kecil. Parents dapat mengoleskan madu secukupnya pada area kulit bayi yang digigit oleh nyamuk untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa gatal.

5. Mengoleskan Minyak Kelapa

Cara alami lainnya yang bisa parents lakukan adalah dengan cara mengoleskan minyak kelapa pada area kulit bayi yang terdapat bekas gigitan nyamuk. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi rasa gatal dan mempercepat hilangnya bentol karena kandungan asam lemak serta mikronutrien yang terdapat pada minyak kelapa. Kandungan tersebut sangat baik dalam mempercepat penyembuhan dan menjaga kesehatan kulit si kecil.

Nah itu dia parents, beberapa cara untuk mempercepat hilangnya bekas gigitan nyamuk pada bayi. Namun jika bekas gigitan tersebut tak kunjung hilang bahkan muncul infeksi lainnya, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi si kecil.

Artikel ini telah direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *