Kehamilan, Trimester Pertama

Cara Alami Mengatasi Pusing Pada Ibu Hamil

Haloo bund..

Salah satu keluhan yang sering dirasakan ibu hamil selama kehamilan adalah pusing. Tentu hal ini membuat ibu hamil tidak nyaman dan terkadang cukup mengganggu aktifitas sehari-hari. Ada beberapa cara yang tergolong mudah dan alami yang bisa bunda lakukan apabila mengalami sakit kepala saat hamil. Namun apabila sakit kepala yang bunda rasakan tidak kunjung mereda dan terjadi terus menerus maka sebaiknya konsultasikan ke dokter ya bun. Lalu apa saja ya cara alami untuk mengatasi pusing pada ibu hamil?

Yuk, kita bahas bun..

1. Istirahat yang Cukup

Apabila bunda merasakan pusing, langkah pertama yang sebaiknya bunda lakukan adalah berbaring dan beristirahat di tempat tidur. Cobalah untuk rileks dan tidurlah untuk sejenak. namun hindari tidur pada sore hari ya bun. Selain itu, hindari juga tidur yang terlalu lama karena malah dapat membuat semakin pusing.

2. Berolahraga

Kurangnya melakukan aktivitas fisik juga bisa menjadi pemicu sakit kepala saat hamil. jadi, cobalah untuk tetap aktif bergerak, selama bunda masih kuat melakukannya. Tidak ada salahnya melakukan olahraga saat hamil selama tergolong olahraga ringan dan aman.

3. Lakukan Perawatan Rumahan

Bunda juga bisa melakukan perawatan ringan di rumah seperti menggunakan kompres air dingin untuk meredakan pusingnya. Caranya cukup mudah, letakkan kompres pada bagian belakang leher bunda. Selain itu, bunda juga bisa mengatasinya dengan cara mandi atau menggunakan kompres air hangat.

4. Perbanyak minum air Putih

Kekurangan cairan juga menjadi penyebab utama sakit kepala. Jadi perbanyaklah minum air putih untuk mencukupi cairan dalam tubuh. dan untuk sementara hindarilah minum minuman yang mengandung kafein,

5. Pijat lembut bagian pundak

Solusi lain ketika pusing menyerang yaitu meminta bantuan orang terdekat atau melakukan pemijatan sendiri dengan lembut di bagian pundak yang sakit. Pemijatan ini sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit kepala.

6. Makan Tepat Waktu

Bunda juga harus lebih memperhatikan pola dan waktu makan. Alangkah baiknya bunda menyediakan stok makanan di rumah agar selalu menerapkan pola makan yang teratur, meski dengan porsi sedikit namun sering dilakukan.

Nah itu dia bun, beberapa cara alami untuk mengatasi sakit kepala pada ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *