Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Bikin Gemas, Hal yang Dilakukan Janin di Akhir Kehamilan

Haloo Bund..

Dalam tiap trimester kehamilan, janin di dalam kandungan akan selalu menunjukkan berbagai perkembangannya. selama perkembangannya tersebut, janin di dalam kandungan akan terus mempelajari hal-hal baru. Meski masih berada di dalam perut bunda, ia sejatinya adalah bayi kecil yang imut dan menggemaskan. Menjelang hari ia dilahirkan ada beberapa aktifitas yang dilakukan oleh janin di dalam kandungan. kira-kira apa saja ya yang dilakukan oleh janin di dalam kandungan pada saat akhir kehamilan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Latihan Bernafas

Saat masih berada di dalam kandungan, janin mendapatkan oksigen yang ia butuhkan melalui plasenta. Janin bernafas dengan menghirup dan mengeluarkan cairan ketuban. Gerakan-gerakan yang dilakukannya dan keberadaan cairan ketuban inilah yang kemudian melatihnya bernapas. Selain itu, aktivitas ini juga berperan dalam pengembangan paru-paru si kecil. Setelah lahir, bayi akan dapat langsung bernafas sendiri. Air ketuban yang mengisi paru-parunya saat masih di dalam kandungan akan mengering dengan sendirinya setelah ia dilahirkan.

2. Membuka matanya

Janin mulai dapat melihat cahaya pada trimester ketiga. Ketika memasuki minggu ke 28, janin dapat membuka mata dan berkedip. Retina membentuk lapisan-lapisan yang berfungsi menerima cahaya dan informasi mengenai pencahayaan itu sekaligus meneruskannya ke otak. berjalan-jalan di bawah sinar matahari juga dapat merangsang penglihatan si kecil.

3. Menambah Berat Badan

di akhir kehamilan, semua anggota badannya sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Jadi, berat badan janin pun akan perlahan naik mendekati hari persalinan. Selama beberapa minggu terakhir kehamilan, berat badannya bertambah sekitar 0.2 kg dalam seminggu. Lemak yang dihasilkan oleh tubuh janin akan membuatnya tetap hangat. Lemak juga membuat keriput di kulitnya berkurang dan kulit janin semakin halus.

4. Mendengarkan sekaligus Merespon

di akhir kehamilan, kemampuan mendengar si kecil telah meningkat pesat, Tidak hanya mendengarkan, janin pun dapat merespon bunda dengan melakukan tendangan atau gerakan. Jadi, ajaklah si Kecil untuk mengobrol, membaca, dan bernyanyi bersama. Selain membuat bunda semakin dekat dengan si Kecil, hal ini pun bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

5. Mencicipi Makanan

Janin dapat merasakan makanan yang bunda makan melalui air ketuban. Jadi saat bunda menikmati makanan kesukaan, maka janin pun sedang belajar untuk menyukainya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa janin akan menelan lebih banyak cairan ketuban saat merasakan rasa manis dari pada rasa asam atau pahit.

Nah itu dia bun, beberapa hal yang dilakukan oleh janin pada saat akhir kehamilan. Sehat-sehat selalu ya bunda dan si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun.

Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *