Parenting, Perawatan Bayi, Tips Parenting

Begini Pedoman Pemberian MPASI yang Ideal Untuk Bayi 6 – 8 Bulan

Hello Parents..

Bayi yang berusia dibawah 6 bulan disarankan untuk mendapatkan ASI eksklusif, artinya bayi tidak mengonsumsi apapun kecuali ASI. Nah barulah pada usianya memasuki 6 bulan, Parents dapat memberikan makanan pendamping ASI atau yang disingkat MPASI. Mamun, pemberian MPASI ini perlu dilakukan secara bertahap sesuai dengan usia Si Kecil. Sebab bayi membutuhkan waktu beradaptasi untuk dapat menerima tekstur serta rasa baru yang ia rasakan. Kira-kira bagaimana ya pedoman pemberian MPASI yang ideal sesuai dengan usia si kecil? Nah pada kesempatan kali ini, akan kita bahas aturan pemberian MPASI untuk bayi berusia 6-8 bulan.

Yuk, kita bahas parents..

1. Usia 6 Bulan

Di usia ini, bayi mulai dapat diperkenalkan dengan makanan. Mungkin awalnya ia akan sedikit kaget dan banyak melepeh, namum parents tak boleh putus asa. Perhatikanlah tekstur dari makanan yang diberikan kepadanya. Tekstur MPASI yang diberikan pada bayi usia 6 bulan sebaiknya bertekstur lunak dan lembut, agar makanan tersebut dapat diterima di mulut maupun sistem pencernaan si kecil. Selain itu perhatikan juga porsi serta frekuensi makanan yang diberikan. Hindari memaksa si kecil untuk memakan terlalu banyak, bahkan 3 sendok sekali makan sudah cukup dengan frekuensi 2-3 kali makan, dan jangan lupa diselingi oleh makanan selingan seperti buah-buahan 1-2 kali sehari. Fase ini adalah pengenalan, buatlah si kecil menyukai aktivitas makan ini.

2. Usia 7 Bulan

Memasuki usia 7 bulan, parents dapat memberikan MPASI pada bayi sebanyak 2-3 kali per hari, dengan makanan selingan sebanyak 1-2 kali, namun pemberian ASI sebaiknya juga tetap dilanjutkna ya. Nah pada usia ini parents bisa menambah poris makan si kecil secara bertahap. Untuk terkstur yang diberikan sebaiknya masih bertekstur halus dan lembut ya, namun mungkin bertahap bisa dibuat lebih kental dari sebelumnya. Adanya sedikit perubahan tekstur ini untuk mengajarkan bayi belajar mengunyah makanan, namun perubahannya jangan terlalu signifikan ya agar si kecil tidak kaget.

3. Usia 8 Bulan

Di usianya yang memasuki 8 bulan, parents sudah dapat mengenalkan tekstur yang lebih menantang dari sebelumnya, namun hal ini disesuaikan juga dengan kemampuan si kecil untuk mengunyah ya. Di usia ini parents sudah dapat memberikan makanan dengan tekstur yang ditumbuk. Untuk frekuensinya hampir sama dengan usia sebelumnya yaitu 2-3 kali sehari, dengan memberikan makanan selingan 1-2 kali sehari. Untuk porsinya bisa sedikit ditingkatkan namun hindari memarahi atau memaksa si kecil untuk makan ya. Parents sebaiknya juga tetap memberikan ASI dengan frekuensi yang sedikit dikurangi agar si kecil tidak terlalu kenyang saat makan.

Nah itu dia parents, panduan pemberian MPASI untuk bayi berusia 6-8 bulan, Semoga informasi ini bermanfaat, Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *