Parenting, Perawatan Bayi

Bayi Sering Kaget Saat Tidur, Normalkah?

Hello Parents!

Bayi yang suka kaget saat tidur merupakan suatu hal yang dapat membuat orang tua menjadi khawatir. Kondisi ini seringkali menyebabkan bayi terbangun di tengah malam sehingga membuat kualitas tidurnya menjadi berkurang. Namun parents tentu bertanya-tanya, apa ya yang menyebabkan bayi suka kaget pada saat ia sedang tidur tersebut? apakah kondisi tersebut berbahaya? lalu kira-kira bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut? Nah pada edisi kali ini, akan kita bahas mengenai kondisi bayi yang suka kaget pada saat sedang tidur.

Yuk, kita bahas parents..

1. Penyebab Bayi Sering Kaget saat Tidur

Bayi yang kaget pada saat ia tidur merupakan bagian dari refleks yang dimiliki oleh bayi. Refleks tersebut adalah refleks moro. Refleks moro sering disebut dengan refleks kejut sebab biasanya akan muncul saat bayi merasa terkejut. Parents tak perlu khawatir, sebab refleks ini umum dimiliki oleh bayi dan secara perlahan akan berkurang atau bahkan menghilang saat usianya semakin bertambah. Ciri khas utama refleks ini adalah bayi merentangkan kedua tangan dan menggerakkan kakinya saat ia kaget. Ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya refleks ini pada saat bayi sedang tidur, diantaranya suara yang keras atau kencang, cahaya yang terlalu terang, gerakan yang tiba-tiba, serta transisi yang kurang mulus saat hendak menempatkan bayi di tempat tidur.

Meskipun merupakan hal yang normal dan sebagian besar tidak membahayakan, namun kondisi bayi yang sering kaget saat tidur ini perlu diminimalisir. Sebab bayi yang sering kaget saat tidur ini dapat membuat kualitas tidur bayi menjadi menurun sehingga berdampak pada kesehatan dan tumbuh kembangnya.

2. Tips agar Bayi Tidak Sering Kaget

Meskipun refleks Moro yang dimiliki oleh bayi merupakan pertanda baik pada perkembangannya, namun kondisi ini apabila terjadi secara berlebihan tentu membuat parents menjadi tak tenang dan berpotensi mengganggu kualitas tidur mereka. Oleh sebab itu, parents perlu mengetahui sejumlah tips untuk menenangkan dan menjaga si kecil agar tidak kaget secara berlebihan saat sedang tidur.

Tips pertama yang bisa parents lakukan adalah membedong bayi dengan lembut. Umumnya refleks moro ini terjadi pada bayi baru lahir hingga berusia 3-4 bulan. Ada juga yang baru berhenti saat bayi berusia 6 bulan. Sehingga salah satu langkah yang bisa parents lakukan adalah dengan membedong bayi dengan kain lembut sebelum ia tidur. Sebab tubuh bayi yang dibedong tersebut dapat memberikannya rasa nyaman sehingga dapat mengurangi terjadinya refleks moro ini. Namun perhatikan cara membedong bayi yang baik dan benar, pastikan kain bedong terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman serta pastikan ikatannya tidak terlalu kencang agar masih terdapat ruang bagi bayi untuk bergerak.

Tips berikutnya adalah perhatikan cara menempatkan si kecil di tempat tidur. Sebagian bayi mungkin perlu digendong atau dipangku agar ia dapat tidur. Nah saat bayi sudah tidur dan parents ingin menempatkannya di tempat tidur, lakukan secara perlahan dan hindari melakukan gerakan kencang atau sentakan mendadak yang dapat membuat bayi menjadi kaget. Saat bayi tampak kaget, tenangkan ia dengan suara yang halus, jika cara tersebut tidak berhasil dan malah membuatnya menangis kencang maka gendonglah bayi hingga ia tertidur kembali.

Nah itu dia parents, pembahasan mengenai bayi yang sering kaget pada saat sedang tidur.

Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *