Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga

Bahaya Stress bagi Kesehatan Janin di Dalam Kandungan

Haloo Bund..

Kehamilan merupakan salah satu fase didalam kehidupan yang cukup menantang. Bagaimana tidak, selain harus menjaga dirinya sendiri, ibu hamil juga harus menjaga janin yang ada didalam kandungan. Tak jarang selama periode kehamilan ada saja hal yang bisa membuat ibu hamil gelisah, cemas, dan khawatir. perasaan tersebut apabila tidak terkontrol dengan baik maka dapat membuat ibu hamil menjadi stress. Apabila stres yang dialami oleh ibu hamil tidak terkendali, efeknya dapat mempengaruhi kesehatan janin maupun diri bunda sendiri.  Kira-kira apa saja ya bahaya stress bagi kesehatan janin di dalam kandungan?

Yuk, kita bahas bund..

1.  Meningkatkan Risiko Preeklamsia

Kondisi Preeklamsia merupakan kondisi yang bisa dialami oleh setiap ibu hamil. konidisi ini ditandai dengan meningkatnya tekanan darah, yang diikuti oleh peningkatan kadar protein di dalam urine. Kondisi stress dapat memberikan dampak negatif pada tekanan darah ibu hamil.  Jika tidak diobati, preeklamsia dapat menyebabkan komplikasi serius, yang dapat berakibat serius bagi bunda maupun janin.

2. Bayi berat lahir rendah

Sebuah penelitian yang dimuat di “British Medical Journal” menunjukkan, kejadian yang membuat ibu hamil merasa stres dapat menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi selama kehamilan. Tentu apabila kondisi ini terjadi bayi lebih beresiko lahir dengan berat rendah. Namun kejadian Stres yang dimaksud di sini berbeda dengan kecemasan biasa, melainkan stres yang terjadi akibat kejadian besar yang menimbulkan depresi atau ketakutan yang begitu besar.

3. Kelahiran Prematur

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa seorang bunda yang mengalami stres tingkat tinggi saat hamil cenderung lebih berisiko untuk mengalami kelahiran prematur. Kondisi ini membuat bayi lebih rentan terkena infeksi dan gangguan kesehatan saat ia lahir.

4. Menurunkan IQ janin

Sebuah penelitian yang mengukur IQ lebih dari 100 balita dan bayi menemukan bahwa saat ibu hamil stres, mereka cenderung memiliki anak yang skor IQ-nya lebih rendah, jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tingkat stresnya di bawah batas normal.  Oleh sebab itu, bunda wajib menjauhkan diri dan fikiran dari kondisi tersebut ya bun

5. Meningkatnya risiko infeksi pada tubuh

Rasa stress yang konstan selain mengganggu kondisi mental juga dapat mengganggu fisik. salah satunya adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Saat sistem imun mulai menurun, segala macam pemicu infeksi termasuk bakteri, virus dan kuman akan lebih mudah masuk dan menyerang tubuh sehingga ibu hamil jadi mudah sakit.

Nah itu dia bun, beberapa bahaya stress pada kesehatan janin di dalam kandungan. Rasa stress mungkin sulit untuk dicegah, namun bunda perlu mencari cara untuk cepat menghilangkan rasa stress tersebut. Untuk bunda yang punya saran menghilangkan stress saat hamil, share pengalamannya di kolom komentar ya

Semoga informasi ini bermanfaat, sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *