Parenting, Perawatan Bayi

Bahaya Memberikan Air Putih pada Bayi dibawah 6 Bulan

Hello Parents..

Bayi dibawah 6 bulan memang sebaiknya diberikan ASI eksklusif bagi kebaikan tumbuh kembangnya.  Yang dimaksud dengan ASI eksklusif adalah bayi hanya diberikan ASI sebagai asupan nutrisi satu-satunya dan tidak mengonsumsi makanan atau minuman tambahan lain, termasuk air putih. Sebab kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh si kecil sebenarnya sudah tercukupi melalui ASI atau susu formula. Pemberian air putih pada bayi dibawah 6 bulan justru lebih banyak menimbulkan risiko dibandingkan dengan manfaatnya. Kira-kira apa saja ya bahaya atau risiko memberikan air putih pada bayi yang berusia dibawah 6 bulan?

Yuk, kita bahas parents..

1. Diare

Perlu parents ingat bahwa sistem pencernaan bayi dibawah 6 bulan belumlah sempurna, sehingga parents harus menjaganya dari kontaminasi bakteri. Jadi Jika si kecil mengonsumsi susu formula, gunakanlah air yang telah dimasak hingga matang terlebih dahulu, lalu tunggu sampai tidak terlalu panas sebelum diberikan ke bayi. Penggunaan air yang kurang bersih dapat menyebabkan diare pada bayi.

2. Perut Kembung

Karena sistem pencernaannya belum mampu menyerap cairan dengan baik, maka memberikan air putih ke bayi dapat membuat perutnya terasa kembung. Selain itu, si kecil juga belum bisa menerima terlalu banyak asupan cairan. Hal ini dikarenakan kapasitas perut bayi baru lahir yang masih belum maksimal.

3. Keracunan Air

Meski cukup jarang terjadi, memberikan air putih yang terlalu banyak pada bayi dapat menyebabkan Si Kecil mengalami keracunan air. Hal ini terjadi saat kadar garam (natrium) dalam darah si kecil menurun terlalu banyak, sehingga mengganggu keseimbangan elektrolit di dalam tubuhnya. Adapaun gejala yang muncul akibat keracunan air ini diantaranya muntah, diare, dan tubuhnya terlihat membengkak. Kondisi ini perlu parents waspadai sebab dapat membahayakan keselamatan si kecil. Oleh sebab itu hindari memberikan air putih terlalu banyak pada si kecil ya, dan alangkah lebih baiknya jika bayi dibawah 6 bulan hanya diberikan ASI.

4. Kekurangan Gizi

Memberikan air putih dapat membuat bayi cepat merasa kenyang karena perutnya yang penuh, sehingga si kecil tidak lagi tetarik untuk minum ASI atau susu formula. Jika hal ini terjadi, maka dapat membuat bayi tidak memperoleh asupan nutrisi yang cukup dari ASI atau susu formula. Padahal nutrisi pada ASI atau sufor dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Akibatnya, Si Kecil berisiko mengalami kekurangan gizi dan penurunan berat badan.

Nah itu dia parents, bahaya memberikan air putih pada bayi dibawah 6 bulan. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Sekian.

informasi ini direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *