Kehamilan, Trimester Ketiga

Bahaya Duduk Terlalu Lama bagi Ibu Hamil, Ini Batas Waktu Amannya

Haloo Bund

Salah satu posisi yang sering dilakukan oleh ibu hamil adalah duduk. Duduk memang merupakan salah satu kegiatan yang tidak membahayakan, namun beda ceritanya kalau duduk dilakukan dalam waktu yang sangat lama. Sebab terlalu lama duduk, faktanya dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan. Terlebih bagi ibu hamil yang sangat rentan mengalami berbagai keluhan selama kehamilan. Oleh sebab itu, selain memperhatikan posisi duduk selama kehamilan, ibu hamil juga sebaiknya menghindari duduk yang terlalu lama di satu tempat. Kira-kira apa saja ya bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil? dan berapa lama durasi waktu duduk yang dianjurkan bagi ibu hamil?

Yuk, kita bahas bund..

1. Penggumpalan Darah

Saat hamil, bunda akan mengalami peningkatan volume darah hingga 50% yang seharusnya dialirkan secara merata ke seluruh tubuh. Namun jika bunda duduk terlalu lama, maka hal itu dapat membuat darah menggumpal di daerah tertentu seperti panggul dan kaki. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus maka bunda sangat rentan terhadap trombosis vena dalam dan emboli paru yang bisa berakibat fatal.

2. Nyeri pada Perut dan Tulang Belakang

Terlalu lama duduk saat hamil juga dapat mengakibatkan nyeri pada perut. Hal ini disebabkan karena rahim yang semakin membesar sering bertambahnya usia kehamilan sehingga memenuhi rongga perut. Terlalu lama duduk dapat membuat rongga perut menjadi lebih penuh, dan membuat bunda bisa merasa nyeri pada bagian perut. Selain itu bunda juga dapat mengalami nyeri punggung atau tulang bagian belakang jika duduk terlalu lama.

3. Kelebihan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian, ibu hamil yang kebanyakan duduk lebih berisiko mengalami peningkatan berat badan karena kurang bergerak. Kelebihan berat badan yang tak terkendali dapat menyebabkan berbagai komplikasi kehamilan seperti preeklampsia dan meningkatkan risiko diabetes gestasional. Untuk itu, selama kehamilan ibu hamil dianjurkan untuk berolahraga dan jangan mager ya bun hehe.

4. Lebih Mudah Stress

Duduk yang terlalu lama juga memiliki hubungan dengan perasaan mudah stress saat sedang hamil. Saat duduk terlalu lama, maka gerak tubuh otomatis akan berkurang dan terlalu banyak diam dapat menurunkan hormon endorfin. Padahal hormon satu ini berperan dalam merangsang perasaan bahagia. Sehingga dapat membuat ibu hamil jadi lebih mudah stress.

Durasi Duduk yang Aman

Lalu kira-kira berapa lama ya durasi waktu duduk yang aman untuk ibu hamil? Nah menurut dr. Alan Hedge dari Cornell University, New York, setiap bunda duduk selama kira-kira 20 menit, usahakan untuk berdiri dan regangkan otot-otot selama 8 menit.  Selain itu, imbangi juga aktifitas dengan rutin melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau senam hamil. Jika tubuh bunda bugar tentu kehamilanpun dapat menjadi lebih sehat dan lancar.

Nah itu dia bun, bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun. Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *