Kehamilan, Trimester Ketiga

Aturan Posisi Duduk yang Benar Selama Kehamilan

Haloo bund..

saat hamil, kita dituntut agar lebih berhati-hati dalam melakukan setiap aktivitas. namun selama masa kehamilan, banyak diantara ibu hamil sering sekali kurang memperhatikan posisi duduknya. sebab, posisi duduk yang salah bisa berakibat buruk bagi bunda maupun janin yang ada di dalam kandungan. terlebih ukuran janin yang semakin lama semakin membesar terkadang membuat ibu hamil kesulitan menemukan posisi duduk yang nyaman. lalu kira-kira bagaimana ya posisi duduk yang benar bagi ibu hamil?

Yuk kita bahas bund..

1. Hindari Duduk Tanpa Sandaran

Salah satu posisi duduk yang tepat dan benar bagi ibu hamil adalah duduk dengan posisi punggung yang tegak. Hindari duduk dengan posisi badan membungkuk, meskipun beban perut terus bertambah. Duduk di kursi sandaran bisa membantu bunda duduk dengan posisi tegak. Jika terpaksa duduk di kursi tanpa sandaran, sebaiknya tetap poisisikan tubuh dengan tegak dan tidak duduk dalam jangka waktu yang lama.

2. Duduk dengan Punggung yang Lurus dan Bahu yang Tegak

untuk meminimalisir posisi membungkuk ini, usahakanlah untuk menggunakan bantal sebagai ganjalan agar posisi duduk menjadi tegak dan lebih nyaman. Posisi duduk dengan punggung yang lurus dan bahu yang tegak bisa membantu membuat tekanan tubuh seimbang, sehingga mengurangi rasa pegal dan nyeri di punggung

3. Hindari posisi setengah duduk

Posisi setengah duduk dalam jangka waktu yang lama bisa membuat bunda menjadi lebih sering nyeri dan pegal di  punggung serta tulang ekor. Sebaiknya, duduklah dengan posisi menyandar dan punggung yang lurus.

Dalam posisi setengah duduk, bunda bisa tarik bahu perlahan-lahan ke belakang hingga posisi punggung tegak. Dengan begitu, bunda bisa duduk dengan lebih nyaman.

4. Hindari Duduk sambil Menggantung Kaki

Duduk dengan posisi ini bisa meningkatkan risiko kaki, betis, dan tangan menjadi bengkak serta sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Oleh karena itu, Duduklah di kursi yang tidak terlalu tinggi dan pastikan pijakan bunda menyentuh lantai dan nyaman.

5. Hindari Duduk Terlalu Lama

Duduk dengan posisi yang sama dan dengan waktu yang sangat lama akan mengakibatkan beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan karena sirkulasi darah yang tidak lancar. sebaiknya bunda tetap aktif bergerak karena hal ini akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, sehingga tubuh lebih sehat dan bugar

Nah itu dia bun beberapa aturan posisi duduk selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat ya bund.

Sekian.

Informasi ini direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *