Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga

Aturan Olahraga Untuk Ibu Hamil agar Tak Bahayakan Janin

Haloo Bund..

Saat hamil, bunda memang dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga. sebab, olahraga dapat memberikan berbagai dampak positif bagi kehamilan. Namun saat hamil bunda tidak boleh melakukan olahraga secara sembarangan, sebab di kandungan, ada janin yang harus bunda perhatikan keselamatan dan kenyamanannya. Untuk itu, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh ibu hamil agar olahraga yang dilakukan dapat memberikan manfaat dan tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

Yuk, kita bahas bund..

1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Saat berolahraga, sebaiknya kenakanlah pakaian olahraga yang nyaman dan longgar. Hal ini sangat penting, sebab dengan begitu bunda dapat bergerak dan bernapas dengan leluasa, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya cedera saat berolahraga.

2. Pilih Jenis Olahraga yang Tepat

Tidak semua jenis olahraga aman untuk dilakukan ibu hamil, sebaiknya hindari olahraga yang berbahaya bagi ibu hamil seperti yang telah dibahas pada video dunia bunda sebelumnya. Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, yoga, atau senam hamil.

3. Jangan Lupakan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan dan pendinginan merupakan salah satu hal yang sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, Pemanasan sebelum olahraga dapat membuat otot tubuh menjadi lebih lentur dan meminimalkan risiko cedera. Sedangkan pendinginan setelah olahraga dapat membuat  otot menjadi lebih rileks dan terhindar dari kram otot.

4. Perhatikan Durasi

Sebaiknya saat hamil,  waktu olahraga dibatasi paling lama selama 30 menit untuk menghindari bunda mengalami kelelahan yang berlebihan. Jika perut bunda sudah semakin membesar, maka waktu 10 menit juga sudah cukup. jika bunda sudah mulai merasa pusing, pandangan menjadi kabur, dan sesak napas di tengah olahraga maka segera hentikan olahraga dan segera beristirahat. Intinya jangan memaksakan diri ya bun.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Saat bunda berolahraga maka bunda akan mengeluarkan keringat sehingga cairan di dalam tubuh akan berkurang. Jika keluarnya cairan ini tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, maka bunda dapat mengalami dehidrasi yang dapat membahayakan janin. Untuk itu, perbanyaklah minum air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga ya bun.

Nah itu dia bun, beberapa aturan berolahraga yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Semangat berolahraga bun, dibalik tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

Informasi ini dirieview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *