Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Aturan Minum Air Putih yang Benar bagi Ibu Hamil

Haloo Bund..

Saat hamil bunda wajib memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari bahaya dehidrasi. Kebutuhan akan cairan tersebut dapat ibu hamil peroleh dengan rutin mengonsumsi air putih. Saat mengonsumsi air putih, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil agar kebutuhan cairan tubuh bunda dapat terpenuhi dan menghindarkan bunda dari risiko terjadinya dehidrasi. Walaupun terdengar sederhana, tapi hal ini wajib diperhatikan oleh ibu hamil. Nah pada edisi kali ini akan kita bahas, beberapa aturan saat minum air putih yang wajib diketahui dan dilaksanakan oleh ibu hamil. Kira-kira apa saja ya?

Yuk, kita bahas bund..

1. Minum Minimal 10 Gelas Setiap Hari

Air putih memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh, terlebih bagi ibu hamil. Air yang bunda konsumsi membantu  menjaga darah tetap terhidrasi dengan baik, sehingga memudahkan tugas jantung untuk memompa darah. Bagi janin, kecukupan air putih yang bunda minum juga dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Sebab Jumlah air yang bunda minum dapat mempengaruhi jumlah air ketuban yang berada di sekitar janin. Saat janin tumbuh semakin besar, maka kebutuhan volume cairan yang dibutuhkannya juga ikut meningkat. Sehingga bunda wajib minum cukup air putih setiap harinya. Menurut American Pregnancy Association, ibu hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 10 gelas air setiap hari.

2. Jangan Minum Menunggu Haus

Nah salah satu kebiasaan yang perlu bunda perbaiki adalah hindari minum air putih menunggu bunda haus. Sebab hasu merupakan salah satu pertanda awal tubuh bunda mengalami dehidrasi. Sehingga bunda tidak boleh membiarkan tubuh bunda mencapai titik ini. Bunda perlu mengatur jadwal secara rutin untuk minum air putih dan menjalankan jadwal tersebut secara disiplin. Buatlah jadwal minum air putih di antara aktivitas bunda, dengan begitu, jumlah minimum 10 gelas perhari tersebut pun dapat terpenuhi.

3. Minum Sebelum Tidur

Biasanya tubuh akan mengalami sedikit dehidrasi saat bunda bangun dari tidur. Hal tersebut mungkin tidak dapat dicegah karena reaksi alami dari tubuh. Namun, bunda dapat mengurangi kadar dehidrasi dan pengaruhnya dengan minum air putih sebelum tidur. Sangat disarankan untuk minum satu gelas air putih sekitar 10 menit sebelum tidur.

Air putih yang bunda minum sebelum tidur juga dapat membantu tubuh memproses racun yang menumpuk sepanjang hari. Hal ini sekaligus membantu menghilangkan limbah yang diproduksi tubuh melalui pencernaan dan metabolisme.

Nah itu dia bund, beberapa aturan minum air putih bagi ibu hamil. Walaupun sederhana, namun hal ini sangat penting dilakukan ibu hamil. Kuatkan niat dan disiplinkan diri untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ya bund, karena hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh bunda maupun janin. Semoga informasi ini bermanfaat ya bund. Sekian.

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *